Apa Itu Random Reboot Dan Cara Mengatasinya

Apa itu Random Reboot dan cara mengatasinya Apa itu Random Reboot dan cara mengatasinya

Sama ibarat layaknya perangkat elekronik akil ibarat PC, smartphone Android juga kerap mengalami banyak sekali macam masalah, dan problem yang paling sering di temukan pada smartphone dengan sistem operasi Android ialah Random Reboot. Benar saja, problem ini kerap menciptakan kesal pengguna device Android tersebut, sebab biasanya penyakit Random Reboot ini muncul di ketika yang tidak sempurna dan faktanya problem ini dapat sangat menggangu kenyamanan pengguna smartphone tersebut.

Lalu apa sih bekerjsama Random Reboot di Android tersebut? "Random Reboot ialah suatu perkara di mana smartphone Restart/Reboot dengan sendirinya, dan problem ini kerap tiba secara tiba-tiba". Setelah kalian tahu apa itu Random Reboot, sebaiknnya kalian ketahui dulu apasih penyebab dari munculnya Random Reboot tersebut :

1. RAM Smartphone kalian penuh
Jika kalian pengguna smartphone Android yang "smart" tentu kalian harus tahu berapa jumlah kapasitas RAM (Random access memory) kalian, dan sebanyak apa aplikasi atau game yang dapat kalian buka pada jumlah kapasitas RAM smartphone kalian, sebab benar saja, RAM smartphone Android yang penuh niscaya akan menyebabkan smartphone kalian Hang kemudian Restart dan terjadilah yang namanya Random Reboot.

2. Firmware yang kalian gunakan tidak stable
Ya, ini penyebab Random Reboot yang paling sering terjadi, sebab problem ini tiba dari firmware yang belum stable yang sedang di gunakan smartphone kalian, sebab firmware tersebut belum stable maka beberapa pengaturan penting pada device kalian belum di buat balance, sehingga Random Reboot akan sering muncul, sebab ketimpangan yang terjadi pada firmware smartphone Android kalian.

3. Kalian melaksanakan customize pada settingan hardware smartphone kalian
Faktanya hal ini dapat menciptakan smartphone kalian Random Reboot lho? alasannya? sebab kalian sudah menciptakan settingan pabrikan berbeda pada smartphone Android kalian, maksud dari customize settingan ini seperti, kalian melaksanakan kernel, sampai system ROM pada smartphone kalian, dan jikalau salah maka akan berdampak besar, salah satu problem yang akan muncul ialah Random Reboot.

4. Smartphone kalian cacat produksi
Kasus ini memang jarang terjadi, tetapi pernah benar-benar terjadi, indikasinya ialah ketika kalian gres membeli smartphone kemudian menggunakannya, dan sesudah beberapa lama, smartphone kalian Reboot sendiri dalam frekuensi yang cukup sering, dan kalian mengupayakan untuk memperbaikinya dengan cara melaksanakan Flash ulang dan sebagainya, tetapi akibatnya tetap sama, berarti smartphone kalian cacat produksi dan tidak ada cara lain lagi untuk memperbaikinya, selain melaksanakan claim garansi untuk di gantikan dengan unit baru.

Sebenarnya masih ada beberapa problem yang dapat menyebabkan Random Reboot ini, ibarat aplikasi Android yang kalian gunakan tidak compatible terhadap OS Android kalian, sampai ada beberapa kerusakan hardware, tetapi hal ini jarang terjadi ketika ini, dan ke-4 problem diatas ialah problem umum yang teramat sangat sering muncul sebagai biang kerok dari perkara Random Reboot tersebut,

Apakah ada cara menghindari Random Reboot tersebut? terang ada, dan berikut ialah Tips untuk kalian biar tidak mengalami Random Reboot lagi :


Apa itu Random Reboot dan cara mengatasinya Apa itu Random Reboot dan cara mengatasinya

1. Selalu bersihkan RAM
Artinya kalian harus melaksanakan pencucian kepada aplikasi berjalan yang tidak kalian gunakan lagi, hal ini bukan hanya menciptakan RAM kalian lega, tetapi juga dapat menciptakan konsumsi baterai smartphone kalian lebih irit, dan umumnya tools ini sudah secara default ada pada semua smartphone Android ketika ini, jikalau tidak ada gunakan aplikasi sejenis Clean Master, atau lainnya.

2. Periksa performa smartphone gres kalian
Khusus untuk pengguna smartphone gres atau yang gres membeli sebuah smartphone, dalam waktu 3-5 hari kalian harus teliti terhadap smartphone Android yang kalian beli, mengapa? sebab pada saat-saat inilah cacat produk pada smartphone kalian akan terlihat, umumnya smartphone Android yang cacat produksi akan mempunyai performa yang buruk, dan di ikuti dengan Random Reboot, jikalau indikasi demikian muncul, segera lakukan klaim garansi secepat mungkin untuk menghindari hal yang lebih parah dan merugikan di masa akan datang.

3. Lakukan Full Wipe atau dapat juga Flash Ulang
Jika problem Random Reboot muncul akhir Firmware atau ROM yang kalian gunakan belum stable, maka solusinya kalian dapat mempertimbangkan untuk melaksanakan Full Wipe (Factory Reset) dapat melalui Recovery bawaan jikalau ada, dapat juga memakai Custom Recovery ibarat Flash ulang ke firmware atau ROM yang sudah stable, meski kalian harus melaksanakan downgrade sembari menunggu versi ROM atau Firmware terbaru untuk device kalian di perbaiki atau di update.

Dengan demikian, sudah terang dan clear rasanya terkait pembahasan Random Reboot pada smartphone Android, hal yang perlu kalian lakukan selanjutnya ialah menjaga dan memperhatikan kondisi smartphone Android kalian biar perkara Random Reboot ini tidak muncul lagi, sebab jikalau tidak kalian perbaiki, maka problem Random Reboot ini akan berlangsung selama-lamanya pada smartphone Android kalian, tidak ingin hal ini terjadi bukan? maka dari itu segera ambil tindakan dan perbaiki.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel