Cara Edit Foto Dengan Adobe Lightroom Android

 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android

Dunia Photography memang berbagai peminatnya, baik itu banyak diminati oleh kalangan muda maupun tua, Photography juga menjadi hobby yang paling banyak digeluti oleh beberapa kalangan, baik itu hanya dilakukan untuk menunjang hobi atau kesenangan, maupun untuk dikomersilkan, menyerupai jasa Photography untuk program atau event tertentu.

Dengan kemajuan zaman menyerupai kini ini, kita sudah bisa dengan gampang untuk menghasilkan karya Foto yang menarik dan keren tanpa harus melulu memakai sebuah Kamera Professional yang harganya mungkin akan cukup mahal.

Cukup dengan memakai sebuah Perangkat Smartphone, maka kini kita sudah bisa menjadi layaknya seorang Photographer, tetapi dalam lingkup amatiran dan bukan mereka yang Professional.

Seperti yang kalian ketahui, kini ini hampir semua Smartphone atau Ponsel Pintar tersebut sudah dibekali dengan kemampuan atau fitur kamera yang bervariasi dan bahkan beberapa diantara Smartphone tersebut, mempunyai kemampuan Kamera yang sangat bagus, sehingga mungkin alhasil akan cukup menyerupai dengan sebuah Kamera Professional menyerupai Kamera DSLR atau sejenisnya.

Secara teori, memakai semua komponen hardware Kamera Professional ke sebuah Smartphone itu memang hal yang cukup tidak mungkin untuk dilakukan, sebab menyerupai yang kalian ketahui komponen pembentukan sebuah Kamera Professional, sebut saja menyerupai DSLR itu sangat komplek dan memerlukan ruang yang cukup besar.

Sehingga, tentu saja hal tersebut tidak akan mungkin bisa dilakukan, sebab Smartphone sendiri tidak mempunyai banyak ruang untuk meletakan semua komponen komplek tersebut, sehingga disinilah tugas Rekayasa Software diperlukan.

Untuk kalian ketahui, umumnya sebuah foto itu akan menjadi lebih menarik untuk dilihat, kalau sudah di edit sedemikian rupa dengan memakai sebuah Software khusus untuk editing photo tersebut dan umumnya semua hal ini dulunya hanya bisa dilakukan pada Perangkat Komputer saja.

Tetapi, kini sudah berbeda, sebab di kurun Perangkat Pintar menyerupai kini ini, kalian tidak perlu lagi memakai sebuah Perangkat Komputer kalau hanya untuk melalukan editing foto / gambar yang ringan-ringan saja, menyerupai mengatur warna, saturasi, detail dan lainnya.

Cukup hanya dengan bermodalkan Smartphone Android, maka sudah bisa mengakomodasi keperluan yang sudah kami sebutkan diatas.

Bagaimana hasilnya?

Hasilnya itu tergantung kalian, kalau kalian memang mempunyai kemampuan yang anggun dalam bidang editing foto dari Smartphone Android tersebut, tentu saja alhasil tidak akan kalah dari hasil foto yang di edit melalui Perangkat Komputer.

Namun, hal tersebut juga akan menjadi terbalik, kalau kalian ialah seorang yang mengedit foto asal-asalan, meski memakai sebuah Perangkat Komputer pun untuk melaksanakan editing foto, kalau alhasil terkesan memaksa, maka hal tersebut juga tidak bisa dikatakan bagus.

Intinya, kini ini aplikasi Android untuk editing foto memang sudah sangat berubah dan kalian bisa dengan gampang untuk memakai Aplikasi Editing Photo Professional hanya dengan bermodalkan Smartphone Android saja.

Sekarang ini kalau kalian membuka Aplikasi Google Play Store kalian akan menemukan berbagai aplikasi untuk editing foto tersebut, tetapi disini kami hanya berbicara fakta saja, hanya sebagian kecil saja dari aplikasi-aplikasi editing foto tersebut yang memang bisa diandalkan dan terpercaya tentunya.

Seperti aplikasi yang akan kita bahas kali ini, yaitu ialah sebuah Aplikasi Editing Photo yang memang sudah sangat terkenal untuk Perangkat Komputer dan selalu dipakai oleh para Photographer Professional untuk menciptakan hasil foto yang menakjubkan, maka aplikasi itu tidak lain dan tidak bukan ialah Adobe Lightroom!


Adobe Lightroom itu untuk apa?


Jika kalian familiar dengan yang namanya Adobe Photoshop, maka harusnya kalian juga akan cepat memahami terkait aplikasi satu ini, sebab intinya Aplikasi Adobe Lightroom itu sama saja menyerupai Adobe Photoshop secara umumnya, yaitu untuk melaksanakan Editing Photo secara Offline.

Hanya saja, berbeda dengan Adobe Photoshop, pada Aplikasi Adobe Lightroom ini lebih difungsikan untuk mengatur (Adjusted) pencahayaan, detail, warna dan lain sebagainya.

Sehingga meski sama-sama dibentuk oleh Adobe, pada faktanya Photoshop dan Lightroom tersebut berbeda, untuk lebih detailnya, silahkan kalian lihat pada perbedaan antara Photoshop dan Lightroom yang akan kami bahas dibawah nanti.

Disini kami hanya akan memperkenalkan saja secara singkat, bahwa sebetulnya Aplikasi Adobe Lightroom itu ialah sebuah Aplikasi Editing Photo yang menjadi andalan hampir seluruh Photographer yang ada didunia ini.

Karena pada dasarnya, aplikasi Lightroom tersebut memang memiliki kemampuan khusus yang paling lengkap dari aplikasi lain, yaitu ialah pada Adobe Lightroom kalian akan mempunyai kontrol penuh terkait hal apapun yang berafiliasi dengan Photo Adjustment, itulah faktanya.

Lalu, pada cara kerjanya pun disini kalian bisa memanfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan, apakah kalian ingin mengedit atau menyesuaikan Photo yang kalian edit secara Manual atau secara Otomtatis dengan bermacam-macam Presets.


  1. Preset pada Adobe Lightroom itu sederhanannya mungkin sama saja menyerupai fitur Filter pada umumnya.


Namun, yang membedakan Preset yang ada di Lightroom dan Filter pada aplikasi Editing Photo yang lain ialah sebab Preset-Preset yang bisa dipakai pada Adobe Lightroom tersebut, ialah berasal dari Preset yang dibentuk berdasarkan dari tangan Professional, sehingga cita rasa dari Preset tersebut sudah niscaya akan sangat seimbang dan terkesan tidak terlalu terlihat memaksa, untuk hasilnya.

Selanjutnya, yang paling menarik dari Adobe Lightroom ialah bahwa kalian bisa mengatur segala macam terkait kontruksi dari sebuah gambar dengan cara yang manual, itulah kenapa Adobe Lightroom tersebut menjadi aplikasi wajib yang harus dimiliki oleh para Photographer, dengan alasan kemurnian dari proses editing yang semuanya bisa dikontrol oleh para penggunaanya.

Lalu, apa sih bedanya dengan Adobe Photoshop?


Perbedaan Photoshop dan Lightroom


Diatas memang sudah kami singgung sedikit terkait perbedaan dari kedua aplikasi ini, tetapi disini akan kami perjelas lagi, bahwa meski sama-sama aplikasi Editing Photo yang dibentuk oleh Adobe, ternyata Photoshop dan Lightroom itu memang mempunyai perbedaan yang cukup besar.

Hal pertama yang kalian harus ketahui ialah bahwa Adobe Lightroom itu ialah Aplikasi Editing Photo yang murni sebagai sebuah aplikasi Adjusted saja dan bukan manipulatif layer menyerupai yang ada pada Adobe Photoshop.

Sehingga di Adobe Lightroom kalian tidak akan bisa menciptakan Graphic Design menyerupai yang ada di Photoshop, sebab secara fungsi dan kegunaan memang bukan untuk itu.

Karena Adobe Lightroom itu memang dikhususkan sebagai sebuah Aplikasi Editing Photo yang bersifat Adjusted menyerupai yang sudah kami jelaskan diatas.

Selanjutnya, inilah pertanyaan utamanya, dari klarifikasi diatas, bisa kita simpulkan bahwa Aplikasi Adobe Lightroom ialah sebuah Aplikasi Edit Foto yang memang sudah sangat terkenal dan populer, kemudian apakah bisa dipakai di Smartphone Android?


Adobe Lightroom Android


Inilah yang akan menjadi titik berat pembahasan kita kali ini, sebab disini kita akan bermain sedikit dengan Aplikasi Adobe Lightroom yang sudah dikonversi dan bisa dijalankan dihampir seluruh Smartphone Android yang ada ketika ini.

Perlu kalian ketahui, Aplikasi Lightroom Android untuk Smartphone Android itu juga secara resmi dibentuk dan didistribusikan oleh Pihak Adobe, sehingga untuk fungsi dan designnya mungkin akan sama menyerupai yang ada pada Adobe Lightroom versi Desktop.

Adobe Lightroom untuk Smartphone Android juga mengadopsi bermacam-macam fitur utama Adobe Lightroom yang ada pada versi Desktop, menyerupai penggunaan Preset dan juga Manual Touch.

Semua hal tersebut masih tetap akan bisa kalian manfaatkan pada Adobe Lightroom versi Android tersebut, hanya saja kalau kami boleh jujur, Adobe Lightroom di Android itu mungkin tidak sesempurna Adobe Lightroom untuk Perangkat Komputer Desktop.

Hal ini masuk akal saja, sebab pada kenyataanya Aplikasi Adobe Lightroom di Smartphone Android tersebut, hanya dibuat untuk Editing Photo cepat saja, sebab sifatnya yang Compact, tetapi intinya kemampuan editing murni dengan hasil sentuhan yang menakjubkan dari Adobe Lightroom versi Desktop.

Tetap, bisa kalian rasakan dan kalian manfaatkan pada Adobe Lightroom versi Android tersebut, sehingga kalau kita bandingkan, maka sudah terang Aplikasi Adobe Lightroom Android tersebut, memang menjadi salah satu Aplikasi Editing Photo terbaik yang bisa kalian temukan dan gunakan kini ini.


2 Jenis Aplikasi Adobe Lightroom Android


Selanjutnya, disini ada hal lain yang harus kalian ketahui, sebelum kita masuk pada perkenalan fitur dan fungsi dari Adobe Lightroom Android tersebut, yaitu ialah terkait versi dari Aplikasi Adobe Lightroom Android itu sendiri.

Secara umum kalian bisa memakai Aplikasi Adobe Lightroom Android tersebut secara Gratis dan Berbayar.

Karena intinya pihak Adobe memang mendistribusikan Aplikasi Adobe Lightroom untuk Smartphone Android dengan 2 buah versi yang bisa dengan bebas dipilih dan dipakai oleh penggunaanya.

Lalu, apa yang membedakan antara Adobe Lightroom Android Gratis dan Berbayar?

 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android

Perbedaan utamanya memang hanya terletak pada fitur yang bisa kalian manfaatkan saja, sebab di Aplikasi Adobe Lightroom Android gratis ada beberapa Fitur yang dikunci dan hanya bisa dipakai oleh para Pengguna Pro "Berbayar" saja, menyerupai :


  1. Fitur Selective
  2. Fitur Healing
  3. Fitur Geometry
  4. Share & Invite
  5. Dan beberapa laba ekslusif lainnya


Tetapi, untuk versi gratisannya pun sudah lebih dari cukup, sebab kalau kalian memang mempunyai keperluan untuk melaksanakan Edit Photo dengan menyesuaikan tingkat pencahayaan, ketajaman dan warna saja, hal yang bersifat basic pokoknya.

Maka, Aplikasi Adobe Lightroom Android versi gratis sudah sangat bisa kalian andalkan untuk mengakomodasi semua hal tersebut.

Nah, disini Aplikasi Adobe Lightroom Android yang kami gunakan untuk Praktek ialah yang versi gratisnya, sehingga untuk klarifikasi dan pengenalan fitur didalamnya memang hanya teruntuk untuk pengguna versi gratisan saja.

Jika, kalian berminat memakai Aplikasi Adobe Lightroom untuk OS Android tersebut, kalian bisa mendownloadnya secara resmi dari Google Play Store kini juga.

 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android

Untuk lebih cepatnya, kalian bisa eksklusif mengunjungi alamat link url dibawah ini :


Silahkan Download dan Install Aplikasi Adobe Lightroom tersebut ke Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang.

Jika, sudah silahkan ikuti Panduan / Manual Guide dibawah ini.


Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android


Nah, sampailah kita pada pembahasan utama kita kali ini, yaitu ialah terkait cara kerja dan beberapa pengenalan / klarifikasi fitur-fitur yang ada pada Aplikasi Adobe Lightroom versi gratis, disini akan kami pisah pembahasan tersebut kedalam 3 bagian, yaitu ialah sebagai berikut :


  • Pembuka (Starter)
  • Pengenalan Fitur (Manual Guide)
  • Cara Export (Finalized)


Alasan kami memisahkan pembasahan ini menjadi 3 buah pecahan ialah biar kalian bisa dengan gampang memahami cara kerja dan bisa mengetahui lebih detail terkait penggunaan dari Aplikasi Adobe Lightroom Android tersebut.

Baiklah, hal pertama yang akan kita bahas ialah terkait cara kerja pertama yang kalian perlukan biar bisa memakai Aplikasi Adobe Lightroom tersebut untuk bisa mengedit Foto di Aplikasi Adobe Lightroom Android tersebut.


Pembuka (Starter)


Hal pertama yang harus kalian lakukan kalau ingin memakai Aplikasi Adobe Lightroom untuk Smartphone Androd ialah kalian harus menciptakan Akun Adobe dulu.

Caranya eksklusif saja buat melaluai Aplikasi Adobe Lightroom Android yang sudah kalian buka tersebut, cara ini diperlukan, biar kalian bisa memakai Cloud Service dari Adobe, sehingga hasil Draft dari Foto yang kalian edit tidak akan hilang, sebab akan tersimpan di Cloud Service sebagai Draft.

Jika, kalian sudah menciptakan akun Adobe tersebut, setelahnya silahkan kalian Load Image / Gambar yang ingin kalian Edit dengan Aplikasi Adobe Lightroom Android tersebut, caranya ialah dengan menekan tombol tambah (+).

 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android

Selanjutnya, silahkan cari Foto yang ingin kalian Edit, kalau sudah tekan Add.

 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android

Maka, photo tersebut akan terload dalam Direktori Folder All Photos.

 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android

Untuk memulai mengedit Foto tersebut, silahkan buka Folder All Photos tersebut dan tekan Gambar / Foto yang telah kalian Load dari Gallery sebelumnya.

Nah, hingga tahap ini kita sudah berhasil untuk membuat akun dan mengaktifkan Cloud Storage Adobe untuk memudahkan kalian dalam melaksanakan pengeditan Foto tersebut.

Setelahnya, maka kita akan berbicara terkait penggunaan fitur dan fungsi dari masing-masing fitur yang ada pada Adobe Lightroom Android tersebut, sekali lagi kami ingatkan, disini kami memakai versi gratisan (Free Version) dan tidak memakai Premium Version (Pro).

Sehingga, klarifikasi dibawah ini, hanya akan berfokus kepada semua fitur yang bisa dipakai pada Adobe Lightroom Android versi gratis saja.


Pengenalan Fitur (Manual Guide)


Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, pada versi Adobe Lightroom Android versi gratis ini, kita tidak akan bisa memakai semua fitur yang ada dalam Aplikasi Lightroom tersebut, beberapa diantaranya tidak bisa digunakan, sebab kalian harus memakai versi "Pro" untuk melaksanakan Unlock fitur tersebut.

Umumnya, beberapa fitur yang bisa dipakai pada Adobe Lightroom Android gratisan ialah sebagai berikut :


  • Crop
  • Profile
  • Auto
  • Light
  • Color
  • Effect
  • Detail
  • Optics
  • Presets


Nah, beberapa fitur diatas bisa kalian manfaatkan dengan maksimal, sebab memang tersedia secara gratis, kalau berdasarkan kami sendiri dengan adanya fitur diatas, itu sudah lebih dari cukup untuk melaksanakan Adjustment Foto biar lebih menarik dan terkesan dramatis dengan memakai Aplikasi Adobe Lightroom Android gratisan tersebut.

Disini, kami akan menjelaskan fitur-fitur gratis yang ada pada Adobe Lightroom Android tersebut secara singkat dan berurutan.


Crop


Ini ialah fitur pertama yang harus kalian ketahui fungsinya, secara umum kalian niscaya tahu tujuan dari penggunaan fitur Crop ialah untuk memotong gambar, bukan?

 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android

Tetapi, faktanya didalam fitur Crop di Adobe Lightroom Android tersebut, tidak hanya ada fitur Crop saja didalam opsi ini, melainkan ada banyak, yaitu ialah sebagai berikut :


  • Custom / Fixed Crop
  • Straighten (Untuk mengubah sudut pandang dari foto)
  • Rotate Left / Right
  • Flip Horizontal / Vertical



Profiles


Nah, mungkin kalian akan cukup resah dengan opsi satu ini, sebab berjulukan Profiles, maksud opsi Profiles disini bukan berarti menyerupai untuk konfigurasi Profile Akun Adobe atau Profile Tags Foto, melainkan lebih ke bentuk Filter Instant yang eksklusif bisa kalian pakai.

 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android

Umumnya, kalian akan bisa mendapati beberapa Profiles / Filter Instant pada Aplikasi Adobe Lightroom Android tersebut dengan beberapa pilihan Profiles, menyerupai :


  • Basic
  • Artistic
  • B&W
  • Modern
  • Vintage



Auto


Jika kalian malas untuk melaksanakan Penyesuaian Konfigurasi Warna, Ketajaman dan Pencahayaan secara Manual, maka kalian bisa memakai Fitur Auto tersebut.

 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android

Karena dengan fitur ini, maka secara otomatis Aplikasi Adobe Lightroom akan mengatur konfigurasi foto / gambar yang akan kalian edit, untuk alhasil sangat memuaskan dan terkesan seimbang, inilah kenapa Aplikasi Adobe Lightroom banyak disukai orang, sebab fitur otomatis yang ada di dalam Aplikasi ini memang bisa berjalan dengan sangat baik dan terkesan tidak terlalu memaksa atau berlebihan.


Light


Ini ialah sebuah fitur atau opsi yang khusus untuk mengatur tingkat pencahayaan dari Foto yang kalian edit, umumnya semua Aspek Standard dari pengeditan pencahayaan tersebut, sudah ada pada Aplikasi Adobe Lightroom tersebut.

 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android

Beberapa opsi yang bisa kalian atur secara manual dari opsi Light ini ialah sebagai berikut :


  • Exposure
  • Contrast
  • Highlight
  • Shadows
  • Whites
  • Blacks


Selain itu, kalian juga bisa memakai Tool Curve untuk mengatur pencahayaan dari Foto yang kalian Edit tersebut.

 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android

Cara memakai Tool Curve ini gampang saja, kalian tinggal tarik atau geser saja garis Curve tersebut, sehingga alhasil akan eksklusif secara Live terlihat, untuk konfigurasinya pun juga Superior, pada Tool Curve ini kalian bisa mengatur Warna Putih dan juga RGB.


Color


Jika pada opsi sebelumnya, khusus untuk melaksanakan pengaturan pencahayaan, maka difitur Color ini kalian juga akan mendapat opsi khusus untuk mengubah komposisi warna secara Professional.

 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android

Umumnya, didalam Fitur ini kalian bisa dengan gampang mengatur beberapa hal dibawah ini :


  • White Balance (Temperature & Tint)
  • Vibrance
  • Saturation


Selanjutnya, pada opsi ini kalian juga bisa secara eksklusif menciptakan Foto yang ingin kalian edit menjadi Black & White dan juga bisa kalian atur tingkat kedalam warna dari Hitam atau Putih tersebut.

 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android

Disini ada satu fitur lagi yang paling menarik berdasarkan kami dan jarang ada pada Aplikasi Editing Photo lain untuk Smartphone Android, fitur tersebut dinamakan Mix yang juga masih pecahan dari fitur Color tersebut.

 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android

Dengan memanfaatkan fitur Mix ini, kalian bisa dengan gampang mengubah warna tertentu, menyerupai warna hijau menjadi kuning atau warna lainnya secara individu, sehingga kalian akan mendapat kontrol penuh dari setiap masing-masing komposisi warna yang ada pada Foto yang kalian edit, hebat bukan?


Effect


Ini juga merupakan sebuah opsi yang tidak kalah menarik dari beberapa opsi yang sudah kami jelaskand diatas, sebab dengan adanya opsi ini, maka kalian bisa dengan gampang mengubah banyak hal terkait aspek struktur yang ada didalam gambar yang kalian edit.

 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android

Fitur ini memang sangat jarang untuk bisa kalian temukan pada Aplikasi Editing Photo di Smartphone Android, sebab didalam fitur ini kalian akan menemukan pengaturan Custom untuk beberapa hal dibawah ini :


  • Texture
  • Clarity
  • Dehaze
  • Vignette
  • Grain Amount


Kalian pun bisa menciptakan komposisi warna dari gambar yang kalian edit menjadi lebih unik dengan memakai opsi Split Tone.

 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android

Umumnya, fitur ini akan mengganti komposisi warna Shadow dan Highlight menjadi Custom dengan warna lain, silahkan kalian pilih sendiri dan kalian pun juga bisa dengan gampang mengatur keseimbangan dari kedua warna tersebut.


Detail


Opsi ini juga merupakan sebuah opsi yang paling penting yang harus ada pada sebuah Aplikasi Editing Photo, sebab dengan adanya opsi ini, maka kalian bisa dengan gampang untuk memperbaiki kualitas dari gambar tersebut.

 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android

Seperti untuk menajamkan gambar object foto dan untuk mengurangi Noise yang akan mengganggu keindahan dari sebuah Foto / Gambar tersebut, umumnya kalian akan menemukan 3 buah opsi penting pada fitur ini, yaitu ialah sebagai berikut :


  • Sharpening
  • Noise Reduction
  • Color Noise Reduction



Optics


Ini ialah sebuah opsi otomatis yang akan sangat berguna untuk menghilangkan keganjilan yang diakibatkan oleh Lensa Kamera dari gambar terkait.

 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android

Dengan adanya fitur ini, maka kalian bisa dengan gampang untuk menghilangkan jejak Chromatic dan bisa dengan secara otomatis menyesuaikan Profile akhir keganjilan Optics sehingga hasil gambar / foto akan tampak lebih natural.


Presets


Sebenarnya, opsi ini sama saja menyerupai opsi Profiles yang sudah kami sebutkan diatas, yaitu ialah opsi yang diperuntukan untuk Filter Foto Instant yang bisa eksklusif diterapkan.

Bedanya dari opsi Profiles ialah kalian disini bisa menambahkan Preset kalian sendiri atau menciptakan Preset ekslusif sendiri.

 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android

Tetapi, sebetulnya opsi ini juga sudah menyediakan beberapa Presets yang bisa eksklusif sanggup kalian gunakan yaitu ialah sebagai berikut :


  • Color
  • Creative
  • B&W
  • Curve
  • Grain
  • Sharpening
  • Vignetting


Selanjutnya, ada juga Tool yang dilarang kalian lupakan, meski terkesan tidak begitu penting, tetapi nyatanya fitur ini akan sangat bisa diandalkan dalam kondisi tertentu, yaitu ialah :


  1. Previous (Untuk kembali ke pengaturan editan terdahulu)
  2. Reset (Untuk menghapus segala pembiasaan yang telah kalian lakukan)


Nah, hingga disini selesai sudah pembahasan terkait pengenalan beberapa fitur yang ada pada Aplikasi Adobe Lightroom tersebut.

Lalu, kalau Foto / Gambar tersebut sudah diedit, bagaimana cara menyimpan gambar tersebut (Export) ke Gallery di Smartphone Android kalian?

Silahkan ikuti panduan terakhir dibawah ini.


Cara Export (Finalized)


Kalau kami boleh jujur, sebelum ini kami juga resah terkait cara melaksanakan Export Foto dari Adobe Lightroom ke Gallery Smartphone Android, sebab memang letak dari fitur ini yang terkesan tersembunyi.

Entah, apa yang menjadi pertimbangan pihak Adobe terkait peletakan opsi ini, kami juga kurang mengerti, tetapi satu hal yang niscaya peletakan opsi Export ini kalau berdasarkan kami pribadi mungkin salah tempat.

Harusnya, diletakan di Control Panel utama dibandingkan diletakan kedalam opsi Share tersebut, kalau kalian resah dan tidak tahu cara melaksanakan Export Foto tersebut, silahkan ikuti Tutorial dibawah ini :


  1. Tekan Icon Share pada pecahan atas, menyerupai ini :
 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android
  1. Lalu, pilih opsi hidangan Export....
 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android
  1. Disini kalian akan menemukan beberapa Format dan Kualitas yang bisa kalian manfaatkan.
 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android
  1. Kalian pun juga bisa menambahkan Watermark dan Metadata Foto dengan menentukan opsi More Options.
 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android
  1. Jika sudah kalian atur ingin memakai Format yang mana dan kualitas yang menyerupai apa, tekan Icon Centang untuk mengakhiri proses Export Foto tersebut.
 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android
  1. Tunggu hingga proses Export selesai.
 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android
  1. Setelahnya, Foto yang kalian edit dengan Aplikasi Adobe Lightroom tersebut, akan muncul di Gallery dengan nama Folder AdobeLightroom.
 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android
  1. Done.


Dengan ini maka semua hal terkait Aplikasi Adobe Lightroom Android tersebut sudah selesai untuk kita bahas, kemudian bagaimana sih kira-kira hasil dari Aplikasi Lightroom Android tersebut?


Hasil Edit Foto dari Lightroom Android


Ini ialah beberapa hasil edit Foto dari Aplikasi Adobe Lightroom Android yang telah kami buat, memang ini bukanlah hasil dari tangan Professional, tetapi paling tidak beberapa Sample Foto dibawah ini, bisa kalian gunakan untuk menjawab rasa ingin tau kalian.

Berikut ialah beberapa Contoh Foto dari Adobe Lightroom Android, disini juga akan kami sertakan Foto Before dan Afternya, sehingga kalian bisa dengan gampang melihat perbedaan dari Foto Original dan Foto yang telah di Edit dengan memakai Lightroom Android tersebut.

 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android
 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android
 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android
 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android
 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android
 Cara Menggunakan Adobe Lightroom Android Cara Edit Foto dengan Adobe Lightroom Android

Bagaimana? kalau kami sendiri memang cukup puas dengan aplikasi satu ini, sebab intinya Aplikasi Adobe Lightroom untuk Android tersebut memang sudah tidak perlu diragukan lagi dari Performance dan Fiturnya.

Jika berada ditangan yang benar dan ahli, maka mau itu hasil Edit Foto dari Adobe Lightroom Desktop ataupun Mobile menyerupai untuk Smartphone Android tersebut, alhasil tetap akan sangat menakjubkan.

Hanya saja, untuk pengguna Adobe Lightroom Android gratisan, mungkin harus puas dengan beberapa keterbatasan yang ada.

Namun, kalian bisa mengakali hal ini dengan memakai Aplikasi Edit Foto lain, menyerupai Snapseed, pada aplikasi tersebut fitur Selective dan Healing secara penuh bisa kalian gunakan dengan gratis tentunya.

Jika, kalian berminat memakai Aplikasi Snapseed, disini kami juga sudah mengembangkan artikel yang membahas hal tersebut yang bisa kalian lihat pada halaman dibawah ini :


Dengan demikian, selesai sudah pembahasan kita kali ini, kami harap dengan adanya artikel ini, kalian semua bisa terbantu dengan beberapa pengetahuan dari fitur terkait yang bisa kalian manfaatkan dengan maksimal.

Kalau kita berbicara fakta, maka sudah terang Aplikasi Adobe Lightroom Android ini menjadi sebuah salah satu Aplikasi Edit Photo paling terbaik yang ada untuk OS Android kini ini.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga apa yang kalian inginkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW DRD

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel