Download Realme Usb Driver Terbaru

 Realme tidak bisa terhubung ke komputer Download Realme USB Driver Terbaru

Belakangan ini ada berbagai Smartphone Android yang masuk dan di jual di tanah air kita ini, kebanyakannya memang berasal dari China dan kebanyakannya mempunyai nama Brand yang benar-benar tidak di ketahui sebelumnya.

Realme contohnya, kini ini mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mengenal Brand ini yang memang sudah di kenal dengan kemampuan Photography-nya yang sangat baik, selanjutnya untuk urusan harga Brand Smartphone ini juga populer ramah di kantong.

Lalu siapa sih di perusahaan di balik Realme ini? mengapa bisa begitu cepat perkembangannya? maka kami yakin sebagian dari kalian sudah tahu bahwa Realme ialah kepingan Sub-Brand dari Oppo, ya! Oppo yang memang sudah menjadi Top 5 Best Selling Smartphone di tanah air kita ini.

Bukan hanya Oppo yang membentuk sebuah Sub-Brand Smartphone Android, melainkan di ketahui ketika ini beberapa Produsen Smartphone kompetitor sudah melakukannya, sebut saja Huawei dengan Sub-Brand-nya Honor dan juga Xiaomi dengan Sub-Brand-nya Redmi.

Bukan tanpa alasan memang pihak OEM mengeluarkan seri Sub-Brand tersebut, alasannya ialah seri tersebut memang khusus untuk menyasar kelas menengah keatas dan kebawah saja, berbeda dengan Brand utama yang menyasar ke seluruh Segmen pasar.

Sub-Brand menyerupai Realme memang sejatinya mempunyai kemampuan layaknya menyerupai Smartphone Oppo kebanyakan, hanya saja pada seri Sub-Brand ini mungkin di buat lebih baik lagi, alasannya ialah mereka memang akan fokus terhadap detail yang ingin di tonjolkan yang sebelumnya tidak bisa Oppo lakukan pada seri Reguler-nya, alasannya ialah bermacam-macam alasan dan alasannya ialah nama Brand yang sudah kian membesar.

Tentu saja merilis Smartphone dengan spek tinggi tetapi dengan harga jual yang murah menjadi suatu masalah, jikalau Brand tersebut memang sudah benar-benar besar dan sudah mempunyai Identitas sebagai sebuah Brand Smartphone Android kelas kakap.

Maka biar bisa lebih dalam menyasar ke konsumen dan untuk bisa menekan harga, maka di buatlah sebuah seri Sub-Brand dan inilah alternatif yang menguntungkan kita sebagai konsumen, alasannya ialah kita bisa mempunyai sebuah Smartphone dari OEM populer di jual dengan harga murah, tetapi dengan nama Brand yang berbeda.

Jika kalian ialah seorang yang tidak terlalu memperdulikan nama merek, maka Smartphone Android dari Sub-Brand OEM menyerupai Realme ini ialah pilihan yang paling sempurna untuk kalian, dengan alasan yang sudah kami gambarkan diatas.

Baiklah, kita akan masuk ke dalam tahap pembahasan utama kita, terkait Resource Driver yang di perlukan dari Smartphone Android Realme tersebut, yang dalam perkara ini kita persempit menjadi terkait dilema USB Driver Smartphone Android Realme tersebut.


Realme USB Driver


Seperti yang telah kami singgung diatas, bahwa bekerjsama Realme itu ialah Sub-Brand dari Oppo yang kalau kita artikan artinya semua Support melalui Tools dan metode itu sama saja menyerupai Smartphone Android Oppo pada umumnya.

Berarti jikalau sama dengan Oppo, maka artinya Realme juga tidak punya sebuah USB Android Driver khusus menyerupai yang ada pada OEM Samsung dan Sony, untuk dilema ini sudah kami jelaskan lengkap pada halaman khusus di bawah ini.


Sehingga untuk penggunaan USB Driver Android, Realme hanya cukup memakai Android USB Driver Universal saja, alasannya ialah dengan USB Driver tersebut maka semua kebutuhan dasar terkait penggunaan OS Android untuk tujuan Developing, Maintenance dan juga Repairing sudah bisa terpenuhi.

Lalu untuk kenapa pihak Oppo / Realme tidak menciptakan sebuah USB Android Driver khusus untuk perangkat mereka?

Maka jawabannya akan sederhana saja, karena mereka tidak mendistribusikan sebuah Tool atau Software khusus untuk para konsumennya.

Sony menciptakan sebuah USB Driver khusus untuk perangkat mereka biar aplikasi atau Software buatan mereka menyerupai Xperia Companion bisa di jalankan, untuk tujuan Repairing dan Updating.

Samsung juga menciptakan sebuuah USB Driver khusus biar perangkat berakal buatan mereka menyerupai Samsung Galaxy dan Smartwatch mereka bisa terkoneksi ke Tools Productivity yang mereka rilis.

Berbeda dengan Realme dan Oppo, OEM tersebut tidak menciptakan ataupun mengeluarkan sebuah Software khusus, yang artinya kebutuhan akan USB Driver Android khusus tidak di perlukan ketika ini, sehingg hingga kini Dedicated USB Driver untuk kedua Brand ini tidak akan mungkin bisa kalian temukan di manapun.

Jika ada, mungkin itu hanya buatan pihak Komunitas yang isinya ialah Android USB Driver Universal saja dan tidak ada sesuatu yang khusus di dalamnya.


Android USB Driver Universal


Jika kalian membutuhkan sebuah USB Driver Android yang bisa di gunakan untuk bermacam-macam hal menyerupai pada Smartphone Android kebanyakan, Realme juga bisa melakukannya, cukup hanya dengan memakai Android USB Driver Universal saja.

Karena menyerupai yang sudah kami singgung diatas, bahwa Realme tidak mempunyai sebuah USB Driver khusus, sama menyerupai Oppo yang merupakan OEM puncak dari seri Realme tersebut.

Android USB Driver Universal ini sudah sangat bisa di gunakan untuk bisa terhubung ke Komputer Windows / PC Windows dengan pemberian Kabel USB ataupun secara Wireless, semua kebutuhan tersebut sudah bisa kalian dapatkan dengan hanya bermodalkan Android USB Driver universal tersebut.

Karena pada umumnya OS Android itu hanya membutuhkan Satu Driver USB yang memang khusus di buat oleh Google sekalu Developer dari OS tersebut, dengan begitu maka kalian sudah bisa melaksanakan beberapa hal dibawah ini :


  • Transfer Data (MTP)
  • PTP
  • ABD
  • Fastboot, dan lainnya


ke-4 kebutuhan diatas merupakan sebuah kebutuhan utama dan paling dasar yang bisa kalian lakukan pada OS Android, maka artinya Smartphone Android Realme kalian juga bisa memakai hal tersebut.

Untuk lebih detailnya, dengan hanya memakai Android USB Driver Universal, kalian sudah bisa memakai fungsi ADB untuk aktivitas Developing, Debugging menyerupai membaca Logcat untuk aplikasi atau ROM yang sedang kalian kembangkan.

Atau yang lebih advanced lagi kalian bisa memakai Fastboot untuk keperluan Flashing maupun Modding, maka jikalau kalian membutuhkan sebuah USB Driver untuk Smartphone Android Realme kalian.

Maka jawabannya ialah Android USB Driver Universal, alasannya ialah disini kalian tidak mempunyai pilihan selain itu, dengan alasan pihak OEM memang tidak menyediakannya, jikalau memang kalian membutuhkan sebuah Android USB Driver untuk Smartphone Realme, segera pasang Android USB Driver Universal versi terbaru melalui halaman di bawah ini :


Dengan memakai Android USB Driver Universal diatas, maka kini kalian sudah bisa memakai semua fitur dasar yang ada pada OS Android, hanya saja melaksanakan hal tersebut tidak bisa di lakukan dengan sembarangan.

Kalian harus paham apa yang ingin kalian lakukan dan tentu saja kalian masih membutuhkan sebuah Part atau Komponen lain biar bisa menjalankan fungsi ADB dan Fastboot tersebut.

Tetapi, jikalau yang kalian butuhkan hanya sekedar fungsi Transfer Data (MTP) atau kalian hanya ingin mengatasi dilema Smartphone Android Realme kalian yang tidak bisa terbaca di OS Windows melalui Kabel USB, maka dengan menginstall Android USB Driver Universal diatas itu sudah lebih dari cukup untuk memenuhi dan menuntaskan dilema yang kalian hadapi sekarang.

Namun, jikalau kalian ingin mengerjakan sesuatu yang lebih dalam lagi menyerupai ingin menjalankan fungsi ADB dan Fastboot, maka silahkan lanjutkan bacaan artikel ini hingga akhir.


ADB dan Fastboot Driver


Syarat kedua jikalau kalian ingin memakai fungsi ADB dan Fastboot pada OS Windows yang kalian gunakan sekarang, maka hal selanjutnya ketika kalian sudah menginstall Android USB Driver Universal diatas ialah dengan memasang ADB dan Fastboot Driver.

Perlu kalian ketahui ADB dan Fastboot Driver ini terpisah dari paketan Android USB Driver, alasannya ialah ADB dan Fastboot memang perlu di Download secara Individual, kecuali kalian memakai Android SDK yang memang di dalam Software tersebut sudah tersedia segala macam hal terkait dengan OS Android.

Tetapi, jikalau yang kalian perlukan hanyalah ADB dan Fastboot Driver-nya saja, maka kalian hanya perlu mendownload dan memasangkan ADB dan Fastboot Driver saja, karena meski tanpa Software Android SDK, fungsi ADB dan Fastboot masih bisa di jalankan dengan sangat lancar.

Kalian juga tidak perlu pusing dan ribet mencari ADB dan Fastboot Driver tersebut, alasannya ialah disini kami punya beberapa koleksi dari ADB dan Fastboot Driver tersebut, silahkan Download satu dari beberapa koleksi kami di bawah ini :


Selanjutnya, jikalau kalian gundah terkait cara Installasinya, pada tiap-tiap halaman tersebut sudah kami sertakan cara Installasinya, jadi kalian hanya perlu mengikutinya saja dan silahkan pribadi gunakan saja.

Apakah hanya itu yang di perlukan untuk bisa menjalankan fungsi ADB dan Fastboot? Ya! hanya itu saja, tetapi perlu di ingat bahwa fitur ADB Debugging harus sudah aktif pada Smartphone Android Realme yang kalian gunakan.

Karena fitur ini ialah fitur kunci biar proses ADB dan Fastboot bisa di jalankan melalui PC Windows, dengan alasan bahwa fitur ini ialah sebuah fitur pemberi izin biar bisa di terusan oleh Source lain dalam perkara ini ialah OS Windows.

Sebagian dari pengguna Smartphone Android memang sudah tahu cara mengaktifkan fitur ini dan biasanya akan selalu diaktifkan setiap saat, jikalau kalian ialah pemula, maka silahkan ikuti tutorial di bawah ini biar bisa mengaktifkan USB Debugging di Smartphone Realme yang kalian miliki.


Selanjutnya, silahkan lakukan sesuai kebutuhan kalian, alasannya ialah ketika ini kalian sudah bisa melaksanakan hal menyerupai memasangkan Custom ROM, Custom Kernel, Custom Recovery, menghapus Apk System atau bisa juga untuk melaksanakan Update ROM hingga melaksanakan Flashing.

Apakah ADB dan Fastboot ini bisa di gunakan untuk melaksanakan Flash? tentu saja sangat bisa, alasannya ialah fitur dari Fastboot sangat memungkinkan untuk melaksanakan Flash file Image yang memang menjadi salah satu kepingan penting dari sebuah kesatuan Firmware.


Cara Flash Realme


Kami ingatkan lagi, dengan hanya bermodalkan Android USB Driver Universal saja, maka kalian sudah bisa melakuka hal andal dan penting menyerupai Flash / Install Ulang OS, dengan kemampuan Fastboot maka kalian sudah sangat bisa melaksanakan Flash System Image (.img) pada suatu part Firmware ke dalam Smartphone Android Realme yang kalian miliki.

Hanya saja, jikalau kalian memang ingin melaksanakan Flash hanya dengan bermodalkan ADB dan Fastboot, maka kalian perlu bermacam-macam Command Lines yang harus kalian masukan ke dalam aplikasi Command Prompt / Windows PowerShell.

Karena, dalam kesatuan sebuah Firmware itu ada beberapa kepingan yang bisa mencapai 20 hingga 30 bagian, yang tentu saja kalian harus melaksanakan Flash terhadap File System tersebut secara manual dan yang membuatnya lebih berat ialah ada suatu kondisi file B harus di Flash sebelum melaksanakan Flashing file A.

Jika, kalian awam maka sudah terperinci cara ini sangat tidak erat untuk kalian, tetapi jikalau tujuannya hanya untuk melaksanakan Flash file Kernel (Boot.img) atau Recovery, maka dengan memakai Fastboot Driver biasa saja, hal tersebut sudah lebih dari cukup.

Lalu, apakah ada sebuah metode otomatisnya? alasannya ialah OS Android itu ialah sebuah OS yang Open Source, maka sudah terperinci cara yang kalian butuhkan niscaya tersedia, hanya saja harus di memenuhi persyaratan yang spesifik pastinya.

Maksudnya? jika Smartphone Android Realme kalian memakai Qualcomm Snapdragon, tentu saja melaksanakan Flashing harus dengan metode yang bisa berjalan pada Chipset Qualcomm, begitu juga jikalau Processor Realme kalian ialah MediaTek, maka proses pengerjaanya juga tersendiri dan tidak akan mungkin sama dengan metode Processor Qualcomm Snapdragon.

Karena disini kita akan memakai Tools dan tentu saja Resource yang berbeda jikalau di lihat dari Strukturnya, maka untuk memudahkan kalian, disini kami akan menciptakan Section khusus terkait cara Flashing terhadap seri Processor yang ada pada Smartphone Android Realme tersebut.

Sejauh ini, Smartphone Android Realme hanya memakai 2 buah seri Chipse Processor yang berbeda, yaitu ialah :

  • Qualcomm Snapdragon
  • MediaTek

Seperti yang sudah kami singgng diatas, pengerjaan tindakan Flashing terhadap kedua buah jenis Processor ini berbeda, maka akan kita rumuskan di bawah ini biar jelas.


Flash Realme (MediaTek)


Jika, kalian memakai Smartphone Android Realme bermesin MediaTek dan ingin melaksanakan tindakan Repairing yaitu Flash secara otomatis dengan sebuah Software khusus, maka hal tersebut sudah sangat mungkin di lakukan.

Dengan syarat Firmware yang di butuhkan secara Spesfik tersedia, jikalau tidak maka aplikasi dan Driver di bawah ini akan sama sekali tidak berguna.

Namun, jikalau Firmware tersebut tersedia, maka persyaratan melaksanakan Flash sudah bisa kalian penuhi dengan memakai aplikasi SP Flash Tool!

Aplikasi SP Flash Tool ialah sebuah Software khusus yang bisa di jalankan pada OS Windows dan Linux, aplikasi ini ialah Specialist MediaTek Flasher, artinya semuan Smartphone Android bermesin MediaTek bisa di Flash dengan memakai aplikasi ini.

Asalkan Firmware yang di butuhkan sudah tersedia, maka hal pertama yang harus kalian penuhi ialah mencari Firmware tersebut apakah ada dan tersedia, jikalau ada, maka silahkan Download aplikasi SP Flash Tool Windows terbaru di bawah ini :


Setelah, kalian Melakukan Download dan Extract terhadap aplikasi SP Flash Tools diatas, maka kalian membutuhkan sebuah USB Driver khusus, yaitu adalah VCOM USB Driver.

Driver ini sangat di perlukan oleh aplikasi SP Flash Tool untuk bisa membaca jenis Processor Smartphone Realme kalian biar bisa di Integrasikan pada aplikasi SP Flash Tool tersebut, maka silahkan Download dulu VCOM Driver versi terbaru di bawah ini dan pribadi saja di Installkan ke OS Windows yang kalian miliki.


Dengan kedua komponen diatas yaitu aplikasi SP Flash Tool dan VCOM USB Driver, maka harusnya kalian sudah bisa melaksanakan tindakan Flashing sekarang ini.

Tetapi, Smartphone Android Realme tidak terbaca pada aplikasi SP Flash Tool, padahal sudah menginstall Android USB Driver Universal, VCOM Driver dan juga sudah mengaktifkan USB Debugging, apa yang salah?

Tidak ada yang salah sebenarnya, mungkin ada beberapa Part yang hilang atau kurang pada OS Windows yang kalian gunakan sekarang.

Penyebabnya bisa beragam, bisa di karenakan ulah Anti Virus atau bahkan memang OS Windows memblock beberapa komponen dari VCOM Driver tersebut untuk di pasangkan pada System OS Windows.

Solusinya gampang saja, silahkan Install MediaTek USB Driver dan CDC Driver di bawah ini, maka dilema tersebut akan terselesaikan.


Saat ini, kami sangat yakin kalian sudah bisa melaksanakan tindakan Flash, alasannya ialah semua materi yang di butuhkan sudah ada dan siap pakai, hanya saja pastikan Firmware yang di butuhkan untuk aktivitas Flash tersedia dan bisa di gunakan (tidak corrupt).


Flash Realme (Qualcomm Snapdragon)


Berbeda dengan Metode Flash Realme pada dengan seri Chipset MediaTek, pada seri Qualcomm Snapdragon, kalian bisa melaksanakan Flash dengan lebih efesien, alasannya ialah tidak memerlukan banyak Driver yang harus di Installkan.

Cukup hanya dengan memakai Android USB Universal saja, maka kalian sudah bisa melaksanakan Flashing, hanya saja sekali lagi, Firmware yang di butuhkan untuk tindakan Flashing harus tersedia dan sudah memang spesifik untuk kedua aplikasi di bawah ini.

Aplikasi yang kami maksud ialah QFIL dan QPST, sama menyerupai SP Flash Tool, aplikasi ini juga memang merupakan sebuah Software Qualcomm Flasher Specialist, yang artinya kedua aplikasi tersebut memang bisa di gunakan untuk melaksanakan Flash pada semua jenis Smartphone bermesin Qualcomm Snapdragon.

Namun, sebelum itu pastikan dulu, apakah kalian ingin melaksanakan Flash secara biasa atau dalam keadaan luar biasa atau khusus?

Biasa maksudanya ialah di kerjakan hanya dengan modal Mode Bootloader atau Mode Fastboot saja, tanpa perlu melaksanakan hal yang lebih advanced, jikalau memang demikian, maka kalian hanya cukup memakai Android USB Driver Universal saja, sebagai USB Driver utama-nya.

Tetapi, jikalau pada perkara luar biasa, dalam perkara ini ialah dengan menggunan Metode Test Point dan Mode EDL (Emergency Download), maka kalian juga harus memakai sebuah USB Driver khusus dan itu ialah Qualcomm HS-USB QDLoader Driver.

Silahkan Download dan pasang Qualcomm HS-USB QDLoader Driver pada Komputer Windows yang kalian gunakan sakarang jikalau memang kalian memakai Metode Flashing yang tidak biasa,


Tetapi, jikalau kalian hanya ingin melaksanakan Flashing dengan Metode Normal saja, maka pribadi saja Download salah satu dari 2 aplikasi Qualcomm Flasher dibawah ini :


Sekali lagi, kalian gres bisa melaksanakan Flashing dengan kedua aplikasi diatas, jikalau Firmware spesifik yang di perlukan itu tersedia dan memang di peruntukan untuk kedua aplikasi tersebut, jikalau tidak maka proses Flashing tidak akan bisa di lanjutkan, alasannya ialah kekuarangan Resource utama dalam metode Flash.

Akhirnya, artikel panjang ini sudah selesai, semua Resource dan pengetahuan bisa kalian dapatkan dari artikel yang kami tulis diatas, begitulah kira-kira impian kami, semoga saja kalian mengerti apa yang kami maksud dan apa yang menjadi titik berat dari artikel ini.

Jika, kalian merasa kebingungan, silahkan tanyakan saja di kolom komentar di bawah, alasannya ialah akan kami jawab sebisa kami, semoga artikel ini bisa menunjukkan kalian banyak manfaat dan semoga kalian bisa tambah ilmu. P.AW DRD

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel