Cara Hard Reset / Factory Wipe Vivo (Semua Tipe)

 Smartphone Android memang ada aneka macam jenis dan macamnya kini ini Cara Hard Reset / Factory Wipe Vivo (Semua Tipe)

Smartphone Android memang ada aneka macam jenis dan macamnya kini ini, baik dari Brand Lokal ataupun Brand International sekalipun, kita bisa dengan gampang menemukan Smartphone Android tersebut bebas dijual ditanah air kita ini, baik dengan penjualan secara resmi ataupun distributor.

Keuntungan yang bisa kita peroleh dari hal ini yakni kita bisa dengan gampang untuk mencari Smartphone Android yang cocok untuk kita, sesuai dengan kebutuhan kita dan sesuai dengan isi kantong kita.

Karena sifat OS Android yang Open Source, maka kini ini banyak Brand Pembuat Smartphone, berlomba-lomba untuk ikut bergabung didalam bisnis yang sangat menguntungkan tersebut, yaitu dengan cara ikut mengimplementasikan OS Android pada Smartphone yang mereka buat.

Dampak positif dari hal ini ialah tentu kita bisa melihat beragam variasi dari Smartphone Android tersebut dengan bermacam-macam jenis Inovasi Teknologi yang menarik didalamnya.

Selain itu, Smartphone Android juga hadir disemua Segmentasi Pasar, baik itu kelas bawah, menengah sampai atas, itulah kenapa dikala ini Smartphone Android memang menjadi sebuah Perangkat Pintar yang telah mendominasi pasar secara Global.

Memang tidak bisa dipungkiri, OS Android itu memang gampang untuk dinavigasikan dan dimengerti oleh siapa saja, selain itu Integrasinya yang Powerful juga menjadi daya tarik tersendiri, sehingga OS Mobile pintar satu ini memang bisa diandalkan untuk bermacam-macam hal.

Seperti untuk mempermudah perkerjaan, melaksanakan bermacam-macam jenis Komunikasi jarak jauh secara individual ataupun berkelompok, bisa dipakai untuk menyalurkan talenta serta hobi dan yang terpenting, dari sebuah Smartphone Android tersebut, maka kita bisa menikmati bermacam-macam hiburan dengan biaya yang murah tentunya.

Cukup dengan bermodalkan Internet, maka kita bisa menikmati bermacam-macam hiburan yang menarik, menyerupai melaksanakan Streaming Video, Bermain Games Online / Offline dan tentu saja kita bisa dengan gampang berdikusi dengan anggota lembaga atau grup, semua ini tentu saja akan sangat menyenangkan dilakukan diwaktu senggang.

Jika kita berbicara terkait salah satu Brand Smartphone Android yang terkenal ditanah air kita ini, maka salah satu jawabannya niscaya yakni Vivo.

Ya! Brand Smartphone Android satu ini memang telah usang Exist secara resmi ditanah air kita ini, dengan promosi yang gencar mereka lakukan, kini ini Smartphone Android Vivo sudah bisa diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia dan Global.

Karena Smartphone buatan Vivo tersebut memang sangat cocok untuk kebutuhan orang banyak, menyerupai untuk persoalan Photography dan Gaming, tentu saja Smatphone Android Vivo yakni satu yang terbaik dikelasnya.

Berlanjut ke urusan Teknologi, tentu saja Inovasi yang diberikan oleh OEM Vivo juga tidak main-main, alasannya yakni mereka telah menjadi Pionir dalam Teknologi Fingerprint in Display (Fingerprint dibawah layar).

Tentu, dengan prestasi tersebut Smartphone Android Vivo tidak bisa kita remehkan kini ini, terlebih kemampuan Fingerprint in display racikan pihak Vivo ini masih menjadi yang tercepat kini ini.

Dengan bermacam-macam hal diatas, maka masuk akal bila Brand Smartphone Android Vivo tersebut masuk kedalam daftar Top 5 Best Selling Android Smartphone ditanah air kita ini.

Tetapi, mau bagaimanapun hebatnya Smartphone Android Vivo tersebut, tetap saja persoalan yang ada di Smartphone Android tersebut, tetap akan sama saja menyerupai pada Smartphone Android kebanyakan, alasannya yakni sejatinya Smartphone Android Vivo memang memakai OS Android yang sama saja menyerupai Brand Smartphone Android lain.

Sehingga, masalah-masalah yang terjadi akan cukup menyerupai dan solusinya pun juga tetap akan sama saja, hal itu alasannya yakni OS Android itu memang bukan menjadi OS yang sempurna, meski sudah sangat jauh berkembang dari dulu.


Masalah umum di OS Android


Tidak bisa dipungkiri memang, OS Android itu memang menjadi salah satu OS Mobile yang paling baik kini ini, hal itu ditunjang dengan bermacam-macam Inovasi Fitur canggih didalamnya dan juga performanya yang bisa diandalkan.

Hanya saja, tidak ada OS yang memang benar-benar sempurna, kata ini mungkin akan sangat cocok untuk menggambarkan kondisi OS Android tersebut.

Karena, seiring berjalannya waktu didalam penggunaan OS Android tersebut, maka Performa dari OS Android tersebut akan kian melambat, hal ini terjadi alasannya yakni memang komponen Cache File yang sudah terlalu banyak, sehingga sudah niscaya akan memperlambat kinerja System, alasannya yakni akan memperberat Proses R/W dari System OS Android itu sendiri.

Selain itu, OS Android juga sangat sering memunculkan persoalan yang identik yang hampir terjadi diseluruh Smartphone Android, yaitu yakni sebagai berikut :


  • Random Reboot
  • Force Close
  • Overheat
  • Freeze / Hang
  • Bootloop
  • Brick / Stuck
  • Deap Dead (Matot)


Nah, masalah-masalah diatas yakni persoalan yang sudah umum terjadi pada Smartphone Android yang ada dari dulu sampai sekarang, pemicunya pun beragam, bisa jadi karena System OS Anroid itu sendiri yang bermasalah dan bisa juga terjadi karena ulah dari pengguna Smartphone Android itu sendiri.

Lalu, bagaimana dengan Smartphone Android Vivo?

Pada kenyataanya, Smartphone Android dari Vivo juga tidak bisa terlepas dari bermacam-macam persoalan yang sudah kami sebutkan diatas, minimal persoalan yang muncul yakni Freeze, Force Close dan juga Random Reboot.

Ke-3 persoalan tersebut yakni persoalan paling ringan dan paling sering terjadi dihampir semua Smartphone Android dan tidak terkeculi juga untuk Brand Smartphone Android Vivo.

Sebenarnya untuk mengatasi persoalan semacam ini sangat gampang sekali, yang perlu kalian lakukan yakni dengan cara melaksanakan Hard Reset / Factory Reset, maka segala persoalan ringan tersebut bisa terselesaikan dengan sangat gampang dan cepat tentunya.

Bagaimana Teknis dari tindakan Hard Reset pada Smartphone Android Vivo ?


Maksud Hard Reset Vivo


Mudahnya kita bisa mengartikan tindakan Hard Reset atau Factory Reset tersebut dengan pengertian untuk mengembalikan semua Settingan System ke Settingan Pabrikan.

Dengan perkiraan tersebut, maka seharusnya segala sesuatu terkait Aplikasi, Data, Cache dan Settingan yang telah kalian lakukan akan dihapus semuanya dan akan dikembalikan ke Pengaturan Standard dari OEM lagi.

Nah, cara ini tentu saja akan bisa mengatasi bermacam-macam persoalan yang telah kami sebutkan diatas, alasannya yakni dengan memakai cara ini, maka Firmware OS Android pada Smartphone Android Vivo akan kembali segar dan performanya akan kembali ke titik Prima.

Hanya saja, melakukan Hard Reset pada Smartphone Android Vivo itu memang harus dilakukan dengan teliti, alasannya yakni bila kalian salah menentukan opsi, maka semua data di Internal Storage Smartphone Android Vivo kalian akan terhapus (Format All Data), tentu saja hal ini akan sangat merugikan, bila kalian melakukannya tanpa sengaja.

Karena, bila kalian sudah melaksanakan hal tersebut, maka semua data tersebut tidak akan bisa lagi dikembalikan, sehingga bisa kita artikan bahwa semua Data yang terformat tersebut akan hilang secara permanent.

Maka, perhatikan baik-baik hal ini, pihak Vivo pun gotong royong sudah terang memperlihatkan 2 opsi tersebut, yaitu yakni sebagai berikut :


  1. Reset tanpa menghapus File Data di Internal Storage
  2. Reset sekaligus melaksanakan Format Data


Dalam kondisi tertentu, kalian memang diharuskan melaksanakan Hard Reset dengan jangkauan yang lebih luas, yaitu dengan cara memformat Internal Storage juga, hal ini dilakukan, ketika cara Hard Reset biasa tidak bisa mengatasi persoalan yang terjadi.

Lalu, kapan kita melaksanakan Hard Reset pada Smartphone Android Vivo tersebut ?


Kondisi untuk melaksanakan Hard Reset Vivo


Sebenarnya kalian tidak perlu alasan khusus untuk melaksanakan Hard Reset tersebut, alasannya yakni sejatinya melaksanakan Hard Reset secara bersiklus pada Smartphone Android Vivo kalian, hal itu akan mendatangkan dampak yang baik bila konsisten dilakukan dalam periode tertentu.

Selain untuk menjaga Stabilitas System OS, cara ini juga akan menghindarkan kalian dari bermacam-macam persoalan pelik yang sudah kami sebutkan diatas, mudahnya disini kita akan melaksanakan pengendalian resiko, sebelum persoalan tersebut muncul.

Tetapi, pada kenyataannya hanya sedikit orang saja yang memperhatikan dan melaksanakan Hard Reset secara Periodik tersebut, alasannya yakni umumnya melaksanakan Tindakan Hard Reset gres akan dilakukan, bila persoalan dibawah ini telah terjadi :


  1. Sering Freeze / Hang
  2. Kinerja FuntouchOS semakin lelet
  3. Sering mengalami Random Reboot
  4. Muncul persoalan Blue Screen
  5. Muncul persoalan berat menyerupai Bootloop dan Brick


Umumnya, para pengguna Smartphone Android Vivo gres akan melaksanakan Hard Reset tersebut, bila sudah mengalami persoalan yang telah kami sebutkan diatas.

Memang kami akui, melaksanakan Hard Reset untuk mengatasi bermacam-macam persoalan diatas, yakni solusi yang paling terbaik untuk bisa kalian lakukan, sebagai santunan pertama.

Tetapi, bila persoalan tersebut belum muncul, kami tetap akan merekomendasikan kalian untuk tetap melaksanakan Hard Reset tersebut secara Periodik, menyerupai 1 atau 2 Bulan sekali dan kasus Hard Reset ini akan semakin sering untuk dilakukan secara ideal, bila kalian memang memakai Smartphone Android Vivo tersebut secara berat dan berlebihan daripada penggunaan Normal.

Lalu, bagaimana sih cara melaksanakan Hard Reset / Factory Reset pada Smartphone Android Vivo tersebut ?


Cara Hard Reset Vivo dengan mudah


Sampailah kita pada pembahasan utama kita kali ini, disini ada hal yang harus kalian ketahui sebelumnya, alasannya yakni melaksanakan Hard Reset pada Smartphone Android Vivo itu bisa dilakukan dengan 2 buah cara, yaitu yakni sebagai berikut :


  • Dari Surface System (FuntouchOS System)
  • Dari Tool Recovery (Deep Hard Reset)


Umumnya, kedua cara diatas bisa kalian gunakan untuk melaksanakan Hard Reset di Smartphone Android Vivo yang kalian gunakan kini dan menyerupai yang telah kami singgung diatas, kedua cara diatas sangat bisa diandalkan untuk mengatasi bermacam-macam persoalan yang telah kami sebut sebelumnya.

Tetapi, masing-masing cara tersebut mempunyai kekurangan dan kelebihannya sendiri, untuk lebih jelasnya, akan kita bahas pada masing-masing Cara Hard Reset Vivo dibawah ini :


Hard Reset dari System OS (Normal)


Cara ini yakni cara yang paling gampang untuk bisa kalian lakukan, alasannya yakni disini kalian hanya perlu mengakses Aplikasi Settings dan setelahnya kalian sudah bisa pribadi melaksanakan Hard Reset tersebut.

Perlu kalian ketahui, cara ini hanya akan melaksanakan Hard Reset pada tingkatan Surface System, artinya yang akan direset hanyalah terletak pada System OS utama saja.

Selanjutnya, cara ini juga mempunyai 3 buah opsi yang bisa kalian pilih, yaitu yakni sebagai berikut :


  1. Reset All Settings (Aplikasi dan data tidak terhapus)
  2. Erase All Data Without Format (Tanpa Format, tetapi semua Aplikasi dan Settingan akan dikembalikan ke Standard OEM)
  3. Erase All Data (Semua akan di Format tanpa terkecuali)


Nah, kalian harus memahami ke-3 fungsi diatas dulu, sehingga bisa kalian sesuaikan dengan apa yang ingin kalian lakukan pada Hard Reset tersebut, akan lebih bijak bila kalian membuat Backup Data terlebih dahulu, sebelum melaksanakan Hard Reset tersebut, biar kalian tidak dirugikan setelahnya, oleh bermacam-macam hal yang tidak diinginkan.

Jika, kalian sudah siap untuk melaksanakan Hard Reset pada Smartphone Android Vivo yang kalian miliki, maka silahkan ikuti cara dibawah ini :


  1. Buka Aplikasi Settings.
  2. Cari Menu More Settings.
 Smartphone Android memang ada aneka macam jenis dan macamnya kini ini Cara Hard Reset / Factory Wipe Vivo (Semua Tipe)
  1. Lalu, pilih Menu Backup & Restore.
 Smartphone Android memang ada aneka macam jenis dan macamnya kini ini Cara Hard Reset / Factory Wipe Vivo (Semua Tipe)
  1. Disini kalian bisa melihat beberapa opsi untuk Hard Reset.
  2. Silahkan sesuaikan dengan apa yang ingin kalian lakukan.
 Smartphone Android memang ada aneka macam jenis dan macamnya kini ini Cara Hard Reset / Factory Wipe Vivo (Semua Tipe)
  1. Jika hanya untuk melaksanakan Reset Setting, pilih Reset All Settings saja.
  2. Jika, ingin Hard Reset yang Full silahkan pilih Opsi Erase All Data dan centang opsi Format Data.
  3. Jika, tidak ingin memformat Data, tetapi ingin melaksanakan Reset semua Aplikasi System dan Settings, hilangkan centang pada opsi Format Data.
 Smartphone Android memang ada aneka macam jenis dan macamnya kini ini Cara Hard Reset / Factory Wipe Vivo (Semua Tipe)
  1. Setelahnya, silahkan tunggu sampai proses Hard Reset selesai.
  2. Done!


Bagaimana? cara ini yakni cara yang paling gampang untuk bisa dilakukan oleh siapa saja, tetapi pada kenyataannya cara ini juga mempunyai kekurangan.

Yaitu adalah, cara ini tidak akan bisa dilakukan ketika Smartphone Android Vivo kalian sedang mengalami persoalan menyerupai Freeze, Bootloop dan juga Brick, maka bila dalam kondisi menyerupai itu, cara yang kami jelaskan diatas, tidak akan bisa dilaksanakan.

Sehingga, cara yang akan kita gunakan selanjutnya yakni Cara Hard Reset dengan memakai Tool Recovery yang sudah secara resmi disediakan oleh pihak Vivo secara Default.


Hard Reset dari Tool Recovery (Advanced)


Ini yakni cara yang paling kami rekomendasikan kepada kalian, alasannya yakni bila kita bandingkan, dengan melaksanakan Hard Reset dari Tool Recovery tersebut, terang saja akan mendatangkan banyak keuntungan, yaitu yakni sebagai berikut :


  1. Bisa diakses kapan saja, meski FuntouchOS tidak bisa Booting.
  2. Tingkat Hard Reset yang dalam (Deep) yang bisa menyasar keseluruh Part dari Firmware terakit dan bukan hanya System saja, melainkan Partisi dan Kernel juga akan ikut direset.
  3. Solusi paling ideal untuk mengatasi semua persoalan yang sudah kami sebutkan diatas.


Hanya saja, untuk melaksanakan hal ini, kalian perlu beberapa Trik biar bisa mengakses Tool Recovery Vivo tersebut.

Umumnya Cara Hard Reset dari Tool Recovery ini bisa dilakukan disemua jenis Smartphone Android Vivo tanpa terkecuali, asalkan masih memakai FuntouchOS.

Dalam metodenya sendiri, Tool Recovery Vivo tersebut, juga bisa melaksanakan Hard Reset dengan 2 buah opsi berbeda, yaitu yakni sebagai berikut :


  • Clear Cache
  • Clear All Data


Nah, kehebatan dari Hard Reset dengan memakai Tool Recovery Vivo ini yakni kalian bisa melaksanakan Hard Reset untuk Cache saja, tanpa perlu menghapus Settingan, Aplikasi dan Data pada Internal Storage, maka kesudahannya bisa akan lebih efektif dan efisien dibandingkan Hard Reset secara Full yang dilakukan pada Surface System, menyerupai yang sudah kami gambarkan diatas.

Juga, kalian pun juga bisa memanfaatkan Tool Recovery Vivo tersebut, untuk melaksanakan Hard Reset secara menyeluruh dengan jangankaun yang lebih luas, alasannya yakni sifatnya yang Deep Reset, tentu saja Hard Reset dengan Tool Recovery Vivo ini akan jauh lebih hebat fungsinya dari pada memakai Metode Hard Reset yang umum dilakukan melalui Aplikasi Settings.

Lalu, bagaimana cara melaksanakan Hard Reset Vivo dengan Tool Recovery tersebut ?


  1. Silahkan, akses Tool Recovery Vivo dengan mengikuti cara dibawah ini :


  1. Setelah masuk ke Mode Recovery, pilih opsi Clear Data.
 Smartphone Android memang ada aneka macam jenis dan macamnya kini ini Cara Hard Reset / Factory Wipe Vivo (Semua Tipe)
  1. Disini kalian akan mendapati 2 buah Opsi Reset, baik itu untuk Reset Cache saja, ataupun Full Reset.
  2. Silahkan pilih dan sesuikan dengan yang kalian butuhkan.
 Smartphone Android memang ada aneka macam jenis dan macamnya kini ini Cara Hard Reset / Factory Wipe Vivo (Semua Tipe)
  1. Jika sudah, silahkan konfimasi tindakan tersebut dengan memasukan Password Pola.
  2. Setelahnya, proses Hard Reset akan berlangsung dengan sangat singkat.
  3. Jika, sudah silahkan lakukan Reboot / Restart dengan opsi yang sudah disediakan pada Tool Recovery Vivo tersebut.
  4. Booting pertama sesudah Hard Reset akan cukup lama.
  5. Done!


Dengan demikian, disini kalian sudah final untuk bisa melaksanakan Hard Reset Smartphone Android Vivo dengan Tool Recovery tersebut.

Secara umum, ke-2 buah Tutorial Hard Reset diatas memang layak untuk dilakukan dan bisa memperlihatkan dampak positif yang besar untuk kalian.

Hanya saja, kalau memang bisa, silahkan gunakan Cara Hard Reset Vivo dari Tool Recovery saja, alasannya yakni sifatnya yang lebih dalam dan lebih efiktif untuk dilakukan.

Sekali lagi, disini kami akan memperlihatkan rekomendasi kepada kalian, bahwa silahkan lakukan Hard Reset tersebut secara Periodik, hal ini bertujuan untuk menghindarkan Smartphone Android Vivo kalian dari bermacam-macam persoalan rumit nantinya.

Selian itu, dengan Performa System yang terus terjaga dari penggunaan Hard Reset yang dilakukan secara Periodik, maka Hardware di Smartphone Android Vivo kalian, juga akan terjaga performa dan kesehatannya.

Sehingga, melakukan Hard Reset pada Smartphone Android Vivo itu memang sangat worth it untuk dilakukan, apalagi bila kalian bisa konsisten untuk melakukannya dalam periode tertentu.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semua hal yang kalian inginkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW DRD

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel