Beberapa Problem Yang Muncul Di Panel Layar Ips Smartphone Android Sekarang

 duduk masalah yang muncul di Layar IPS Android Beberapa duduk masalah yang muncul di Panel Layar IPS Smartphone Android sekarang

Smartphone Android kini memang sudah berkembang menjadi menjadi sebuah Perangkat Pintar yang multifungsi, hal ini terbukti alasannya yaitu kini ini Smartphone Android bukan lagi menjadi sebagai sebuah alat untuk melaksanakan Komunikasi jarak jauh saja lagi, melainkan sudah menjadi alat yang mempunyai mobilitas yang sangat tinggi.

Jika kita berbicara terkait fungsi dan kegunaan sudah jelas, Smartphone Android bisa diandalkan untuk melaksanakan bermacam-macam hal penting, menyerupai untuk menunjang sebuah Hobi yang mungkin akan menghasilkan uang, meringankan perkerjaan dengan bermacam-macam aplikasi pengolah data instant dan cepat.

Lalu, yang paling menarik yaitu dengan hanya bermodalkan Smartphone Android saja, kalian sudah bisa menikmati bermacam-macam hibuaran menarik, mulai dari bermain Games, menonton Video / Film secara Online Streaming dan kalian bisa dengan gampang memakai bermacam-macam Aplikasi menarik yang bisa kalian dapatkan melalui Google Play Store yang kebanyakannya bisa kalian dapatkan secara cuma-cuma atau gratis.

Itulah kenapa, kini ini Smartphone Android seakan menjadi barang yang wajib untuk bisa dimiliki oleh beberapa orang dari seluruh belahan dunia, meski demikian Smartphone Android bukanlah satu-satunya Perangkat Pintar yang bisa kalian beli kini ini.

Melainkan masih ada banyak Smartphone dengan OS Pintar lain diluar sana, menyerupai Apple iPhone yang bahwasanya juga tidak kalah dengan Smartphone Android, kalau kita lihat dari Popularitasnya, hanya saja Smartphone Android itu jauh lebih ramah, alasannya yaitu mampu hadir disetiap Segmentasi pasar dan berbeda dengan Apple iPhone yang hanya hadir untuk kelas atas saja.

Sehingga dengan demikian, kini ini muncul bermacam-macam jenis Smartphone Android dengan Spesifikasi dan Harga yang berbeda-beda sesuai dengan level sasaran pasarnya.

Jika, Smartphone Android itu mempunyai harga yang tinggi, maka sudah bisa dipastikan bahwa Spesifikasi yang dipakai tentu saja juga Premium, tetapi kalau harganya murah, menyerupai kurang dari 1 jutaan, maka Spesifikasi yang diusung niscaya tipikal menyerupai Smartphone Android Entry-level pada umumnya.

Sebenarnya dengan adanya banyak variasi Smartphone Android yang ada dikala ini, kita sebagai Konsumen tentu saja akan diuntungkan dengan adanya kondisi tersebut, alasannya yaitu kita bisa dengan gampang mencari dan membeli sebuah Smartphone Android sesuai dengan yang kalian kehendaki dan tentu saja sesuai dengan budget yang kalian miliki.

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, dengan adanya variasi Smartphone Android tersebut yang bisa kalian lihat diberbagai level pasarnya dan aneka macam merek dari Produsen Smartphone Makernya, maka tentu kalian akan melihat bermacam-macam jenis Spesifikasi berbeda-beda yang ada di Smartphone Android tersebut.

Seperti yang akan kita bahas kali ini, yaitu yaitu terkait duduk masalah salah satu Display Panel yang ada di Smartphone Android sekarang.

Karena menyerupai yang kalian ketahui, sekarang ini di Smartphone Android ada beberapa jenis Display Panel (Panel Layar) yang sering di gunakan oleh beberapa Produsen Smartphone Android dan Display Panel tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat Jenis-jenis Display Panel yang ada di Smartphone Android dan beberapa informasi lainnya, yang sudah kami tulis lengkap dalam halaman dibawah ini :
Disini, kami tidak akan membahas semua jenis Display Panel tersebut, alasannya yaitu disini kami hanya akan membahas salah satu Display Panel yang paling banyak dipakai pada Smartphone Android kini ini, yaitu yaitu IPS LCD Display, lalu apa masalahnya?


Smartphone Android berlayar IPS LCD


Ya! ini yaitu sebuah Display Panel yang umum dipakai banyak oleh para Produsen Smartphone Android, alasannya yaitu biasanya Smartphone Android kelas menengah kebawah, biasanya akan mengandalkan Panel Display ini untuk menekan harga produksi dari Smartphone Android yang mereka buat.

Meski demikian, bukan berarti Panel Layar IPS jelek, tetapi masih ada yang lebih anggun dari Display Panel IPS, yaitu yaitu Display Panel berjenis OLED, yang biasanya yaitu Super AMOLED dan lainnya.

Seperti yang sudah kami jelaskan dalam halaman artikel yang sudah kami bagikan diatas, Display Panel IPS itu memakai materi utama berupa Liquid dan menggunakan Backlight untuk bisa menampakan warna-warni layar secara nyata.

Selanjutnya, pada kenyataannya Display Panel IPS ini memang lebih gampang perawatannya dibandingkan jenis Layar OLED, alasannya yaitu kalian memang tidak perlu melaksanakan hal istimewa semoga Panel Layar IPS tersebut, tetap bisa berkerja secara maksimal.

Jika rusak, maka biaya pergantian Part-nya pun juga tidak semahal Panel Layar OLED, selain itu kini ini masih banyak Smartphone Menengah keatas yang masih memakai Panel IPS tersebut.

Hanya saja, jika kita berbicara terkait ketajaman dan warnanya, maka mau tidak mau kalian harus mengakui, bahwa Panel Layar IPS tersebut, memang masih tertinggal 1 langkah dari Panel AMOLED.


Layar IPS Android jarang bermasalah, tapi?


Nah, menyerupai yang sudah kami sebutkan diatas, pada kenyataannya Panel Layar IPS tersebut memang tidak memunculkan duduk masalah sesering Panel OLED, alasannya yaitu pada faktanya Layar IPS itu memang sedikit lebih tahan banting ketimbang Panel AMOLED.

Dengan alasan, kontruksi pembuatan Display Panel yang berbeda dan lebih tebal tentunya, sehingga meski terjatuh, biasanya Smartphone Android tersebut hanya akan retak saja layarnya dan tidak akan merusak dari Layer Panel IPS tersebut, itu jika dalam masalah yang masih wajar.

Selain itu, Panel Layar IPS juga akan sangat cepat merecover Pixelnya, kalau tertekan suatu benda taja, ataupun terkena Api, itulah kenapa Panel Layar IPS terbukti memang lebih infinit dibandingkan Panel AMOLED, meski harga Produksinya jauh lebih murah ketimbang Panel AMOLED.

Hanya saja, bukan berarti Panel Display IPS tersebut tidak bisa rusak sama sekali, umumnya memang ada beberapa masalah dimana Panel Layar IPS tersebut menjadi rusak, karena bermacam-macam hal, yang bisa jadi alasannya yaitu beberapa duduk masalah berikut :


  • Terjatuh
  • Brightness terlalu terang
  • Tertekan / Tertindih
  • Usia


Nah, masalah-masalah yang ada Pada Panel Display IPS itulah yang akan kita bahas kali ini, kemudian kami disini juga akan memaparkan kenapa hal tersebut bisa terjadi dan juga kami akan menyertakan cara menghindari dan solusinya kalau memungkinkan.


Masalah yang ada di Layar IPS Android


Sebelum kita mulai pembahasan kita kali ini, disini kami hanya akan menyertakan masalah-masalah umum yang sering terjadi saja, meski demikian kami percaya diluar sana, mungkin masih ada masalah-masalah absurd yang muncul di Layar IPS Android tersebut.

Tetapi, disini kami tidak akan menyebutkan semua duduk masalah tersebut, alasannya yaitu disini kami hanya akan menyertakan duduk masalah umum yang paling banyak terjadi dan dikeluhkan oleh para pengguna Smartphone Android dengan Layar IPS tersebut.

Baiklah, kita akan mulai masuk kedalam pembahasan utama kita, silahkan simak beberapa masalah-masalah dibawah ini :


Berawan / Pudar


Nah, ini yaitu duduk masalah yang paling sering terjadi pada Layar IPS Android tersebut, ciri-ciri masalahanya yaitu terlihat adanya jejak menyerupai asap / awan yang pudar pada penggalan sisi pada layar Smartphone Android tersebut.

Untuk bisa melihatnya gampang saja, silahkan buka gambar berwarna hitam dan maksimalkan Brightness Layar, seharusnya kalau Smartphone Android kalian sudah mulai mengalami duduk masalah ini, maka jejak dari awan yang berwarna pudar tersebut akan terlihat sangat jelas.

 duduk masalah yang muncul di Layar IPS Android Beberapa duduk masalah yang muncul di Panel Layar IPS Smartphone Android sekarang

Dalam masalah duduk masalah yang sudah parah, jejak awan / asap tersebut akan terlihat sangat kasatmata setiap saat, lalu kenapa duduk masalah ini bisa terjadi? penyebabnya ada beberapa, yaitu yaitu sebagai berikut :


  1. Layar Smartphone Android yang terus aktif dalam waktu lama
  2. Brightness yang disetting ketingkat maksimal setiap saat
  3. Akibat Smartphone Android yang sering Overheating
  4. Sering tertekan didalam saku celana ketat


Lalu, bagaimana cara mengatasi duduk masalah ini?

Sayangnya, masalah ini bersifat permanent, artinya kerusakan yang terjadi tersebut, tidak bisa diatasi dengan memakai Tool Software manapun, alasannya yaitu satu-satunya Solusi yaitu dengan cara mengganti Part Display Panel IPS dengan yang baru saja lagi.

Namun, bahwasanya kalian bisa bisa menyamarkan duduk masalah Layar Berawan tersebut, dengan beberapa cara dibawah ini :


  1. Buat Brightness serendah mungkin
  2. Menggunakan Background berwarna Putih
  3. Atur warna layar menjadi lebih Cool (Kebiruan) dan hindari warna yang Warmth (Kekuningan)



Burn-in / Shadow


Sebenarnya, duduk masalah ini umumnya muncul di Smartphone Android dengan jenis Layar OLED / AMOLED saja, tetapi dalam beberapa masalah juga muncul di Layar IPS Android.

Terlihat sama memang, tetapi pada kenyataannya masalah ini terperinci sekali berbeda, alasannya yaitu masalah Burn-in pada Layar IPS Android itu biasanya hanya bersifat Temporary (sesaat), namun kalau di Layar berjenis OLED, duduk masalah ini akan menjadi Permanent.

Lalu, jika duduk masalah ini hanya muncul di Panel OLED, kenapa juga bisa muncul di Layar IPS? jawabannya memang tidak diketahui secara persis.

Namun, kalau melihat dari masalah yang telah terjadi, biasanya duduk masalah Burn-in / Shadow tersebut hanya muncul pada beberapa jenis Panel IPS yang diproduksi oleh Perusahaan tertentu saja dan tidak semuanya.

Maka, bisa kita simpulkan bahwa duduk masalah ini murni mungkin alasannya yaitu Layar IPS yang dibentuk oleh Produsen tertentu tersebut mempunyai kualitas yang jelek dibandingkan Layar IPS pada umumnya.

Lalu, kenapa duduk masalah Burn-in / Shadow tersebut bisa muncul? beberapa alasannya yaitu sebagai berikut :


  1. Smartphone Android terlalu lama menampilkan sebuah Gambar yang sama dalam waktu yang lama
  2. Akibat penggunaan Brightness Full yang lama


Kedua hal diatas yaitu penyebab utama, kenapa Layar IPS tersebut bisa menjadi Burn-in, bahwasanya penyebabnya juga sama saja menyerupai pada Layar OLED dan karakteristik masalahnya pun juga sama saja.

Yaitu, akan terlihatnya jejak bekas dari Layout / Icon tertentu yang tidak bisa hilang dan umumnya akan berwarna merah keunguan atau hitam transparant.

 duduk masalah yang muncul di Layar IPS Android Beberapa duduk masalah yang muncul di Panel Layar IPS Smartphone Android sekarang

Bagaimana dengan Solusinya?

Nah, diatas sudah kami sampaikan bahwa duduk masalah Burn-in pada Layar IPS tersebut hanyalah bersifat sementara saja dan tidak permanent, hingga saat ini memang sangat jarang yaitu duduk masalah Burn-in yang menjadi permanent di Layar IPS tersebut.

Untuk mengatasi duduk masalah tersebut, silahkan kalian matikan saja Smartphone Android kalian dan kalau bisa jangan gunakan selama 2-3 hari tanpa dihidupkan sama sekali, setelahnya harusnya duduk masalah Burn-in tersebut akan hilang dengan sendirinya, karena Panel IPS tersebut memang populer dengan kemampuan Recovery-nya yang sangat cepat.


Muncul garis-garis


Ini juga yaitu duduk masalah yang sangat umum terjadi pada Layar Smartphone Android dengan jenis Panel IPS dan duduk masalah ini yaitu seakan menjadi duduk masalah khas yang hanya terjadi di Panel IPS tersebut, alasannya yaitu biasanya masalah Layar bergaris-garis ini hampir jarang ditemukan di Layar OLED dan turunannya.

Sehingga, bisa kita simpulkan duduk masalah ini memang biasanya terdapat hanya pada Smartphone Android berjenis Display Panel IPS saja, untuk ciri masalahnya yaitu terlihatnya satu atau beberapa garis lurus, bisa itu vertikal atau horizontal.

 duduk masalah yang muncul di Layar IPS Android Beberapa duduk masalah yang muncul di Panel Layar IPS Smartphone Android sekarang

Dan biasanya garis-garis tersebut akan mempunyai warna Hijau, Merah, Ungu dan lainnya, kenapa duduk masalah ini bisa terjadi?

Penyebab utama kenapa duduk masalah ini terjadi, biasanya dikarenakan Smartphone Android tersebut habis terjatuh dari ketinggian tertentu, sehingga akan menjadikan rusaknya Layer didalam Display Panel tersebut.

Akibat tertindih suatu benda berat juga bisa mengakibatkan duduk masalah ini muncul, sama menyerupai duduk masalah Layar Berawan atau terlihat Pudar yang sudah kami jelaskan diatas.

Solusi dari duduk masalah ini ialah hanya memang dengan mengganti Part Display Panel IPS baru saja lagi, alasannya yaitu kalau duduk masalah ini dibiarkan terlalu lama, maka garis-garis yang muncul tersebut akan kian membesar dan akan sangat mengganggu kenyamanan dalam memakai Smartphone Android tersebut.


Dead Pixel


Sebenarnya duduk masalah ini selalu akan menjadi momok bagi setiap Display Panel, mau itu IPS atau OLED, kedua buah jenis Display Panel tersebut memang akan bisa berpotensi menimbulkan Dead Pixel tersebut.

Lalu, apa sih Dead Pixel tersebut?

Ya! Dead Pixel yaitu dimana salah satu atau beberapa Pixel didalam Display Panel tidak lagi responsif dalam menampilkan konfigurasi warna, sehingga Pixel tersebut hanya membisu saja (Stuck).

Hasil akhirnya, di Layar Smartphone Android kalian akan terlihat sebuah bintik kecil yang biasanya berwarna hitam, merah, biru atau hijau.

 duduk masalah yang muncul di Layar IPS Android Beberapa duduk masalah yang muncul di Panel Layar IPS Smartphone Android sekarang

Masalah Dead Pixel ini tentu saja juga terjadi di Panel IPS dan bahkan sangat sering terjadi, untuk penyebabnya memang tidak begitu jelas, tetapi melalui aneka macam sumber, bisa kita simpulkan bahwa duduk masalah Dead Pixel pada Layar IPS tersebut, muncul alasannya yaitu beberapa hal dibawah ini :


  1. Faktor usia pakai (+2 tahunan)
  2. Smartphone Android pernah tertekan benda tajam


Selanjutnya, jika mengalami hal tersebut, apa yang harus kalian lakukan?

Pada faktanya, kalau Smartphone Android kalian mengalami duduk masalah ini, maka segera eksklusif diambil tindakan perbaikannya, alasannya yaitu kalau dibiarkan, meski hanya terlihat titik kecil sekali pada Dead Pixel tersebut.

Jika dibiarkan terlalu lama, maka Dead Pixel tersebut akan semakin melebar dan membesar, untuk jenisnya sendiri, duduk masalah Dead Pixel di Panel Layar IPS tersebut, bisa dikategorikan menjadi 2 buah jenis, yaitu yaitu :


  1. Dead Pixel Permanent (Biasanya berwarna Hitam)
  2. Dead Pixel Temporary (Biasanya berwarna selain Hitam, menyerupai Merah, Hijau, Biru dan lainnya)


Nah, jika kalian mengalami duduk masalah Dead Pixel Permanent, maka tidak ada cara lain selain melaksanakan Reparasi dengan mengganti Panel IPS tersebut dengan yang baru.

Namun, jika duduk masalah Dead Pixel tersebut hanya Temporary atau bisa kita artikel Pixel di Layar IPS tersebut cuma Stuck saja, maka kalian masih bisa memfungsikan Pixel yang Stuck tersebut dengan merangsangnya memakai aplikasi khusus, menyerupai ini :

 duduk masalah yang muncul di Layar IPS Android Beberapa duduk masalah yang muncul di Panel Layar IPS Smartphone Android sekarang


Jika, duduk masalah Dead Pixel di Smartphone Android kalian hanya sementara, maka harusnya dengan aplikasi diatas, duduk masalah tersebut bisa terselesaikan dengan gampang dan cepat.


Warna Kusam


Ini yaitu duduk masalah terakhir yang biasanya juga muncul di Layar IPS pada Smartphone Android tersebut, yaitu yaitu berubahnya warna yang defaultnya yaitu gonjreng terang, menjadi redup dan terkesan terlihat kusam.

Sebenarnya, duduk masalah ini masuk akal terjadi, karena biasanya tidak ada penyebab khusus kenapa duduk masalah ini bisa muncul, alasannya yaitu faktor utama penyebabnya yaitu usai pakai dari Smartphone Android tersebut, yang mungkin sudah telah renta dan lama, sebut saja menyerupai 2 tahun lebih masa pemakaian.

Memang tidak ada cara memperbaiki duduk masalah ini, tetapi kalian masih bisa mengakali duduk masalah ini dengan cara meningkatkan Saturation Layar atau Vibrance warna, semoga konfigurasi warna Layar di Smartphone Android kalian menjadi lebih berwarna.

Tetapi, dengan konsekuensi, mungkin Performa Smartphone Android kalian akan menjadi sedikit menurun, alasannya yaitu GPU di Smartphone Android akan berkerja lebih keras dari pada biasanya, untuk bisa menaikan tingkat saturasi warna tersebut.

Dengan demikian, selesailah sudah pembahasan kita kali ini, dengan bermacam-macam masalah-masalah diatas, tentu kita tidak bisa menyebut bahwa Panel IPS itu yaitu Display Panel yang paling terbaik dan tahan banting untuk dipakai di Smartphone Android.

Diatas kertas, ketahanan Display Panel IPS memang jauh lebih baik dari pada Display Panel berjenis OLED, tetapi untuk masalah-masalahb yang muncul, maka kita tidak bisa menyampaikan bahwa Panel IPS tersebut bebas dari masalah-masalah yang merugikan.

Semuanya memang tergantung usia pakai dan bagaimana cara penggunaan dari pengguna Smartphone Android-nya itu sendiri, kalau dalam batas normal, maka harusnya kalian tidak akan menemui duduk masalah berat pada Display Panel IPS tersebut.

Namun, jika berlebihan dalam pemakaiannya, maka tidak menutup kemungkinan, masalah-masalah diatas bisa akan menjadi momok yang sangat merugikan bagi kalian.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga artikel ini bisa menambah ilmu serta pengetahuan kalian dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW DRD

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel