Cara Mematikan Paksa (Force Restart) Smartphone Vivo Dengan Cara Yang Mudah

 Opsi Rebbot Power Off Vivo tidak berfungsi Cara mematikan paksa (Force Restart) Smartphone Vivo dengan cara yang mudah

Vivo memang menjadi salah satu Smartphone Android yang Best Selling ditanah air kita ini, tidak tanggung-tanggung penjualan Smartphone Android Vivo tersebut, masuk kedalam Top 5 Best Smartphone Android di Negara Indonesia ini dan kedudukannya berada dibawah Oppo.

Dengan data statistik demikian, maka masuk akal saja bila kini ini pengguna Smartphone Android dari Vivo kian membanyak dan menjamur disetiap harinya, selain Produk Smartphone Android Vivo yang memang sudah terbukti kualitasnya.

Pada faktanya kita juga bisa mendapat hal menarik lain yang tidak bisa ditemukan di Smartphone Android lain, salah satunya ialah User Experience yang serasa ibarat memakai iOS, namun dikemas dengan gaya Android.

Jika digambarkan mungkin akan cukup sulit untuk dibayangkan, tetapi bagi kalian yang sudah memakai Smartphone Android Vivo tersebut, tentu paham betul terkait apa yang kami maksudkan diatas tersebut.

Selanjutnya, Smartphone Android Vivo tersebut juga tersedia untuk semua Segment, mulai dari kelas Entry-level, Mid Range hingga Top Tier (High-end), sehingga pada Konsumen Smartphone Android Vivo tersebut, bisa dengan bebas mau membeli Smartphone Android Vivo yang mana dan bisa dengan gampang untuk diubahsuaikan dengan Budget yang dimiliki tiap Individunya.

Smartphone Android Vivo memang populer dengan kehebatan olah fotograpinya, alasannya ialah bermacam-macam Teknologi canggih, baik itu dalam hal Hardware Kamera hingga Software pendukungnya, memang benar-benar dibentuk sangat baik dengan hasil yang tentu saja berkelas.

Maka, tidak heran bila Smartphone Android Vivo tersebut mempunyai Ciri Khas utama, yaitu ialah dengan Ciri khas kemampuan Kameranya yang sangat apik dan terkesan gampang untuk disukai siapa saja dan bisa menciptakan takjub siapa saja.

Jika, kita bandingkan antara Smartphone Android Vivo dan Oppo itu memang terlihat 11-12 saja, alasannya ialah intinya kedua Brand Smartphone ini memang bersaudara dibawah bendera Perusahaan utama yang sama.

Maka, kalian tidak perlu heran lagi, bila terdapat banyak kesamaan pada kedua Smartphone ini, namun tetap saja, mau itu Brand Smartphone Oppo ataupun Vivo, keduanya tetap berbeda, meski pada kenyataannya berbeda.

Sekarang ini kita memang banyak sekali melihat Iklan atau Sponsor dari Smartphone Android Vivo tersebut, baik itu di Televisi, Internet bahkan di jalanan, ini memang menjadi salah satu teknik marketing utama mereka.

Sebagai hasilnya, dengan teknik marketing yang gencar mereka lakukan, kini sudah berbuah sangat manis, yaitu Smartphone Vivo berhasil terjual dengan jumlah yang sangat banyak ditanah air kita kini ini.

Dengan adanya peningkatan penjualan tersebut, maka kini ini kita bisa mendapat pelayanan service dari Vendor Vivo secara maksimal.

Karena, kini ini daerah Service Center resmi Vivo memang sudah ada dibanyak tempat dan tersebar banyak dikota-kota yang ada ditanah air kita ini.

Hal ini memang menjadi salah satu hal yang Positif dari Brand Vivo tersebut, karena mereka memang benar-benar mengutamakan pelayanan diatas apapun, sehingga untuk Klaim Garansi pun prosesnya akan sangat cepat dilakukan, hal inilah yang kami rasakan, ketika sewaktu dulu meminta penggantian unit gres terhadap Smartphone Android Vivo yang kami beli, alasannya ialah adanya keganjilan Produk dari awal pembelian.

Seperti yang kalian ketahui, Smartphone Vivo itu memang memakai OS Android sebagai basis OS utamanya, alasannya ialah ketika ini OS Android memang sudah sangat mendominasi hampir diseluruh penjuru dunia.

Namun, sayangnya alasannya ialah OS Android tersebut bukan menjadi OS yang bebas dari masalah, maka segala problem tersebut harusnya juga berpotensi terjadi pada semua jenis Smartphone Android Vivo.

Nah, hal inilah yang akan menjadi pembahasan utama kita kali ini, alasannya ialah sekali lagi tidak ada OS / Software yang tepat dan tidak pernah mengalami problem / error apapun, tentu saja disini kami tidak akan hanya berbicara terkait problem saja, melainkan disini kami juga akan membawa Solusi untuk kalian.


Kenapa Smartphone Android Vivo bisa bermasalah?


Pembahasan ini memang cukup menarik untuk kita perhatikan, alasannya ialah intinya problem yang terjadi di Smartphone Android Vivo itu bisa tiba dari 2 hal, yaitu ialah sebagai berikut :


  1. Dari OS Android itu sendiri
  2. Dari Firmware (Custom ROM) yang sudah di Kustomisasi oleh pihak Vivo


Seperti yang sudah kami singgung diatas, pada faktanya OS Android itu bukanlah menjadi sebuah OS yang sempurna, meski sudah sangat jauh berkembang dari dulu.

Namun, problem yang sering muncul itu niscaya sama saja, dan niscaya itu-itu saja, hal ini terjadi alasannya ialah memang pada dasarnya, ketika sebuah OS (System Operasi) itu semakin Complex, maka akan semakin berpotensi untuk terjadi Crash.

Nah, problem inilah yang sangat sering dialami oleh OS Android dan tidak terkecuali juga muncul di Smartphone Android Vivo tersebut.

Selanjutnya, masalah Error ini juga bisa terjadi pada Firmware Resmi Vivo, yaitu ialah Funtouch OS.

Seperti yang kalian ketahui, Funtouch OS itu ialah sebuah Custom ROM buatan resmi Vendor Vivo dan secara Exclusive memang hanya dipasangkan di jajaran Smartphone Android Vivo saja, tetapi biasanya Firmware / Custom ROM Vivo tersebut juga sering mengalami problem atau Bugs.

Sehingga, bisa jadi kasus Error tersebut bisa muncul secara random ataupun bisa juga muncul dengan skala yang sangat sering, penyebabnya bisa sangat bermacam-macam dan untuk lebih jelasnya, silahkan lanjutan pembahasan ini di scene selanjutnya.


Masalah yang ada di Smartphone Android Vivo


Sebenarnya, problem yang ada pada Smartphone Android Vivo itu juga terjadi di Smartphone Android lain, bila masalahnya tiba dari Source OS Android terkait.

Tetapi, jika problem itu tiba dari Firmware Funtouch OS tersebut, maka sudah terang problem ini hanya akan dialami oleh para pengguna Smartphone Android Vivo saja, sehingga cara untuk mengatasinya juga akan berbeda dari kebanyakan Smartphone Android lainnya.

Umumnya, problem yang sering terjadi ialah sebagai berikut :


  • Freeze (Hang)
  • Random Force Close
  • Random Reboot
  • Brick
  • Bootloop
  • Dead! (Matot)


Seperti yang sudah kami singgung diatas, problem yang telah kami sebutkan umumnya juga terjadi pada Smartphone Android lain dan bukan hanya terjadi pada Smartphone Android Vivo saja.

Pada artikel Tutorial ini, kami tidak akan membahas semua problem yang telah kami sebutkan diatas, tetapi fokus pembahasan hanya akan terletak pada problem Freeze (Hang) dan cara keluar dari problem itu saja, yang bisa juga kita artikan sebagai sebuah Solusi dini untuk keluar dari problem menyusahkan tersebut.


Masalah Freeze (Hang) pada Smartphone Vivo


Kami sangat yakin, seluruh pengguna dari Smartphone Android Vivo niscaya pernah mengalami hal ini, kami sendiri gres memakai Smartphone Android Vivo selama 2 bulan dan telah mengalami problem Freeze ini berulang kali.

 Opsi Rebbot Power Off Vivo tidak berfungsi Cara mematikan paksa (Force Restart) Smartphone Vivo dengan cara yang mudah

Perlu kami tekankan disini, masalah Freeze (Hang) tersebut bukan hanya terjadi pada Smartphone Android murah dari Vivo saja, alasannya ialah keterbatasan Spesifikasi yang digunakan, tetapi problem ini sebetulnya juga terjadi di hampir semua Smartphone Android Vivo.

Anggapan tersebut sudah terang salah, alasannya ialah disini Smartphone Android Vivo yang kami gunakan ialah Vivo V17 Pro yang bisa diartikan bukan Smartphone Android murah dari Vivo, tetap saja problem Freeze atau Hang tersebut, sering kami alami.

Penyebabnya bisa jadi alasannya ialah Firmware yang belum sempurna dan bisa juga diakibatkan dari aktifitas yang kalian lakukan.

Secara umum OS Android itu akan semakin melambat performanya dan akan banyak menimbulkan problem ibarat Force Close, Freeze (Hang) dan Error-error lainya, sering dengan lamanya jangka pemakaian OS Android tersebut.

Tetapi, problem Freeze tersebut bisa juga terjadi, bukan alasannya ialah kalian telah usang memakai OS Android tersebut, tanpa pernah meresetnya, sehingga problem Freeze tersebut, bisa juga diakibatkan oleh beberapa hal dibawah ini :


  1. RAM yang penuh
  2. Overheat
  3. Firmware / ROM yang Crash
  4. Terdapat Crash dibeberapa aplikasi Core, ibarat Launcher, Framework dan System Settings


Nah, ke-4 problem diatas biasanya menjadi penyebab utama, kenapa Smartphone Android Vivo yang kalian miliki bisa menjadi Freeze atau Hang.

Jika, kalian mengalami problem Freeze atau Hang tersebut, kalian tidak perlu khawatir, alasannya ialah disini kami punya Solusi untuk semoga kalian bisa keluar dari problem Freeze / Hang tersebut.


Cara mengatasi problem Freeze / Hang di Smartphone Vivo


Sampailah kita pada pembahasan utama kita kali ini, yaitu terkait Solusi untuk mengatasi problem Hang atau Freeze tersebut pada Smartphone Android Vivo yang kalian gunakan sekarang.

Umumnya, masalah Freeze ini bisa terjadi secara Random dengan penyebab utama yang sudah kami sebutkan diatas, sehingga terang saja kalian tidak akan bisa menebak kapan Smartphone Android Vivo kalian akan menjadi Freeze atau Hang tersebut.

Secara umum, mengatasi problem Freeze atau Hang pada Smartphone Android Vivo itu akan sangat gampang untuk dilakukan, yaitu kalian hanya perlu melaksanakan Restart / Reboot / Shutdown (Power Off), maka setelahnya problem Freeze / Hang tersebut akan terselesaikan.

Namun, sayangnya pada kondisi Freeze berat di Smartphone Android Vivo tersebut, kalian tidak akan bisa melaksanakan Restart / Reboot / Shutdown (Power Off) tersebut, alasannya ialah System Firmware / ROM dari Vivo tersebut tidak akan merespon lagi.

Sehingga, sudah terang kalian tidak akan bisa melaksanakan Navigasi untuk memunculkan hidangan Reboot atau Power Off tersebut, lalu apa yang harus dilakukan?

Sudah jelas, alasannya ialah tidak bisa dimatikan secara normal, maka cara yang akan kita tempuh disini ialah dengan cara mematikan Smartphone Android Vivo tersebut secara paksa (Force Restart).

Umumnya, problem ini akan sangat gampang dilakukan, untuk Smartphone Android Vivo dengan jenis Baterai yang bisa dilepas, alasannya ialah dengan melepas baterai dan memasangnya lagi, maka kalian sudah bisa mematikan Smartphone Android Vivo tersebut secara paksa.

Namun, problem ini akan menjadi dongeng yang lain, bila terjadi pada Smartphone Android Vivo yang berjenis Non-Removable Battery, atau Baterai yang sudah tertanam, artinya tidak bisa dilepas begitu saja.

Sehingga, disini kalian memerlukan sebuah cara atau trik khusus untuk memaksa Smartphone Android Vivo tersebut semoga mati secara paksa, dengan perkiraan alan terjadi Reboot System setelahnya, sehingga OS / Firmware bisa berjalan dengan normal lagi.

Lalu, bagaimana caranya?


Cara Mematikan Paksa Smartphone Android Vivo (Force Restart)


Sebenarnya ada 2 buah jenis Solusi cara untuk pemecahan problem ini, dan solusi tersebut sanggup diterapkan menurut jenis dari Smartphone Android Vivo yang kalian gunakan.

Lebih detail lagi, terkait kedua buah Solusi tersebut, disini akan kami sampaikan bahwa Solusi ini akan berbeda antara jenis Smartphone Android Vivo generasi lama dan Smartphone Android Vivo generasi baru, alasannya ialah pada seri Smartphone Android Vivo terbaru.

Secara default pihak Vivo memang memberikan opsi ini secara khusus dan bisa dipakai kapanpun ketika Smartphone Android Vivo tersebut sedang mengalami Freeze atau Hang.

Namun, pada Smartphone Android Vivo lama, kalian harus menggunakan cara Force Restart tersebut secara Universal, secara umum kami juga tidak tahu terkait kapan kiranya pihak Vivo menambahkan Fitur ini secara Khusus pada Firmware Funtouch OS yang mereka kembangkan.

Sehingga, sangat disarankan semoga kalian menerapkan kedua buah cara dibawah ini, semoga bisa membuahkan hasil yang diharapkan, berikut ialah Cara untuk mematikan paksa Smartphone Android Vivo.


Khusus pengguna Smartphone Android Vivo lama


Cara ini diperuntukan untuk seri Smartphone Android Vivo generasi lama, ibarat Smartphone Android Vivo yang telah dirilis lebih dari 2 tahun yang lalu.

Maka, cara untuk melaksanakan Force Restart pada Smartphone Android Vivo generasi usang tersebut, ialah dengan cara Menekan dan Menahan Tombol Power selama 10 detik tanpa terlepas.

 Opsi Rebbot Power Off Vivo tidak berfungsi Cara mematikan paksa (Force Restart) Smartphone Vivo dengan cara yang mudah

Setelahnya, Smartphone Android Vivo akan secara otomatis mati secara paksa (Force Restart), setelahnya Smartphone Android Vivo kalian akan Restart dengan sendirinya dan akan masuk ke Mode Normal yang seharusnya lagi.


Khusus pengguna Smartphone Android Vivo baru


Nah, bila kalian memakai Smartphone Android Vivo generasi terbaru, sebut saja ibarat Smartphone Android Vivo V7 Series keatas, maka harusnya cara untuk melaksanakan Force Restart tersebut akan berbeda dari cara yang diterapkan pada Smartphone Android Vivo generasi lama.

Karena, ibarat yang sudah kami jelaskan diatas, disini pihak Vivo menunjukkan sebuah fitur khusus yang akan bisa kalian terapkan kapan saja, bila kalian mengalami problem Freeze atau Hang tersebut.

Caranya ialah kalian hanya perlu Menekan dan Menahan Tombol Volume Down (-) dan Power Button berbarengan selama 10 Detik tanpa terlepas.

 Opsi Rebbot Power Off Vivo tidak berfungsi Cara mematikan paksa (Force Restart) Smartphone Vivo dengan cara yang mudah

Maka, setelahnya Smartphone Android Vivo kalian akan mati secara paksa dan akan keluar dari problem Freeze / Hang tersebut.


Cara ini hanya untuk mengatasi problem Freeze / Hang saja


Ini ialah hal yang harus kami tekankan, karena solusi yang telah kami sampaikan diatas itu hanya untuk mengatasi problem Freeze / Hang dalam kasus yang normal saja.

Seperti, Freeze dalam aplikasi tertentu, layar Smartphone Android Vivo tiba-tiba mejadi Blank berwarna hitam, putih atau Stuck pada gambar tertentu, maka solusi diatas ialah jawabannya.

Tetapi, problem ini tidak akan bisa mengatasi problem yang lebih besar dari itu, ibarat kasus ibarat Brick yang pada kenyataannya juga sama-sama berbentuk Freeze / Hang.

Namun, problem tersebut terang saja berbeda, karena Brick ialah problem tingkat System atau Firmware dan harus dilakukan Flashing untuk mengatasinya.

Nah, masalah yang kami gambarkan diatas bukan Freeze ibarat Brick tersebut, melainkan hanya untuk kasus Freeze ringan saja, ibarat Freeze atau Hang pada Interface System utama ketika sedang berjalan, problem ini biasanya disebut Crash dan hal ini memang masuk akal terjadi.

Berbeda dongeng dengan problem Brick tersebut, alasannya ialah problem tersebut memang terjadi alasannya ialah sesuatu yang besar, bukan untuk menakuti kalian, alasannya ialah biasanya ketika Smartphone Android Vivo tersebut tiba-tiba menjadi Brick tanpa kalian melaksanakan hal yang macam-macam.

Maka, besar kemungkinan ada kerusakan ditingkat Hardware pada Smartphone Android Vivo yang kalian gunakan tersebut, sehingga disini diharapkan sebuah cara yang khusus dan tidak biasa tentunya, untuk bisa mengatasi hal tersebut.

Dengan demikian, berakhirlah sudah pembahasa kita yang sederhana ini, bila kalian memang mengalami kasus Freeze / Hang yang biasa saja, atau bisa kita katakan kasus Freeze yang normal.

Harusnya, cara yang sudah kami jelaskan diatas, bisa kalian gunakan sebagai solusi untuk keluar dari problem Freeze tersebut dengan cepat dan gampang tentunya.

Akhir kata, semoga informasi dari artikel tutorial yang sudah kami tulis secara singkat diatas bisa bermanfaat untuk kalian, semoga problem kalian bisa dengan cepat terselesaikan dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW DRD

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel