Cara Ftp Android (Download / Upload) Dengan Filezilla

 Cara settinga FTP Android dengan FileZilla Cara FTP Android (Download / Upload) dengan FileZilla

Smartphone Android memang bisa kita andalkan untuk bermacam-macam hal, baik itu untuk menghibur diri, meringankan atau mempercepat perkerjaan biar cepat selesai, membantu untuk mengambil keputusan, mengontrol referensi hidup dan tentu saja bisa dipakai untuk menyalurkan hobi tentunya.

Itulah kenapa bila kalian bisa memanfaatkan Smartphone Android dengan benar, maka sudah niscaya kalian akan bisa memperoleh manfaat yang begitu besar dari Teknologi dan Inovasi yang telah dikembangkan.

Jika, kita membandingkan Teknologi pada Perangkat Seluler zaman dulu dan sekarang, maka sudah niscaya akan sangat berbeda, alasannya ialah dizaman dulu sebuah Perangkat Seluler memang hanya bisa dipakai untuk melaksanakan Komunikasi jarak jauh saja.

Mungkin hanya sedikit fitur Multimedia yang bisa kita gunakan, tetapi di masa kini ini, Perangkat Seluler sudah berevolusi menjadi sebuah Perangkat Pintar yang dinamakan dengan Smartphone.

Bukan tanpa alasan memang kenapa Perangkat Seluler zaman kini disebut dengan "Smartphone", alasannya ialah intinya Smartphone dizaman kini ini sudah bisa berjalan dengan kecerdasan buatan, alasannya ialah disuntikannya sebuah Sistem Operasi pintar didalamnya.

Salah satu OS Mobile pintar dan terkenal yang banyak dipakai kini ini ialah OS Android, meski demikian, masih ada banyak OS Mobile bakir lain diluar sana, menyerupai iOS, Tizen dan lainnya.

Namun, bila kita berbicara terkait OS Mobile untuk Perangkat Pintar yang memang gampang untuk didapatkan, karena harga jualnya yang variatif, maka sudah niscaya jawabannya ialah OS Android, alasannya ialah Smartphone dengan OS Android tersebut tersedia dan bisa kalian dapatkan dalam beragam level Segmentasi pasar.

Dalam rentang harga kurang dari 1 jutaan pun, kalian sudah bisa membawa pulang Smartphone Android tersebut, hanya saja mungkin untuk Spesifikasi yang digunakan, mungkin hanya akan cukup untuk melaksanakan acara yang ringan saja.

Jika kalian ingin memakai Smartphone Android yang bisa diandalkan untuk bermacam-macam situasi, maka idealnya paling tidak kalian harus memakai Smartphone Android kelas menengah, tentu dengan harga yang tidak mengecewakan tentunya.

Karena sejatinya, semakin mahal sebuah Smartphone Android, maka sudah niscaya akan dibekali dengan kemampuan Multitasking yang baik, alasannya ialah dukungan Chipset Processor yang cepat dan pintar, kemudian didukung dengan RAM dan Storage yang besar pula.

Maka dengan demikian, segala macam bentuk kebutuhan kalian bisa dengan gampang terpenuhi, salah satunya ialah sangat bisa diandalkan untuk membantu perkerjaan yang kalian lakukan, baik itu secara Indiviual ataupun secara berkelompok.

Selanjutnya, hal yang menarik yang bisa kita dapatkan dari Smartphone Android dizaman kini ini, ialah terkait Integrasinya yang bisa dikoneksikan keberagam Perangkat Pintar lain, sebut saja menyerupai Komputer Desktop dan Perangkat Wearable lain, dan Perangkat yang dihubungkan tersebut tidak harus mempunyai OS Android tentunya.

Itulah kenapa kini ini sebuah Smartphone Android memang sudah bermetamorfosis menjadi barang yang wajib untuk dimiliki sebagian orang, termasuk kami sendiri.

Karena, disetiap harinya dalam kami melaksanakan perkerjaan kami yang berbentuk secara berkelompok tersebut, maka perkerjaan tersebut akan sangat cepat untuk diselesaikan dengan adanya sumbangan dari Smartphone Android.

Ya! dengan Smartphone Android perkerjaan kami bisa dengan gampang untuk diselesaikan, alasannya ialah disini kami memanfaatkan kemampuan Network dari Smartphone Android untuk berbagi File (Copy / Paste) secara Wireless dan tanpa sumbangan dari Bluetooth sedikit pun.

Lalu, hal apa yang kami manfaatkan untuk bisa membuatkan File antar Perangkat secara Wireless tersebut, jika bukan memakai Bluetooth?

Maka, jawabannya sudah jelas, kami memakai FTP!


Apa itu FTP?


Sebenarnya Fitur FTP tersebut memang Populer dipakai pada Perangkat Komputer Desktop / Jaringan, solusi yang diberikan ialah kemudahan terkait untuk banyak sekali atau bertukar File secara langsung dari antar Perangkat Komputer yang terhubung ke satu jaringan yang sama.

Sehingga, dengan adanya Fitur FTP tersebut, maka akan menciptakan kalian menyerupai bisa memakai Remote PC, alasannya ialah kalian tidak perlu memakai fitur menyerupai Bluetooth atau semacamnya untuk mengambil File yang kalian inginkan.

Cukup dengan FTP maka kalian bisa mengambil semua File dari Perangkat yang terhubung kejaringan yang sama dan tentu saja, kalian tidak memerlukan izin atau konfirmasi untuk bisa mengambil / menyalin File yang kalian inginkan tersebut.

Lalu, apa sih kepanjangan dari FTP dan bagaimana cara kerjanya?

  1. FTP ialah File Transfer Protocol yang memungkinkan penggunaanya untuk mengakses, memodifikasi atau menyalin data dari Perangkat terkait secara Wireless yang berada dijaringan yang sama.

Untuk cara kerjanya sendiri akan berjalan pada Protokol TLS / SSL yang sudah dijamin keamanannya, biar kemudian lintas data yang kalain Transfer tidak akan bisa dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Secara umum penggunaan FTP tersebut memakai 2 buah komponen utama dalam pengerjaannya, yaitu ialah sebagai berikut :

  • FTP Server (Host)
  • FTP Client (Username & Password)

Jika, kalian bisa bisa mengantongi FTP Server berikut juga dengan FTP Client dari Perangkat terkait yang terhubung dalam satu jaringan yang sama (LAN / Wi-Fi), maka setelahnya kalian bisa dengan gampang untuk mengambil atau menyalin File apapun pada Perangkat terkait.

Lalu, kalianpun juga bisa menambahkan File ke Perangkat terkait (Upload) dengan sangat gampang tentunya, alasannya ialah semuanya bisa dilakukan secara Wireless dari satu Perangkat saja.


Apakah Fitur FTP bisa dipakai pada Smartphone Android?


Seperti yang kalian ketahui, secara umum pembentukan dari OS Android itu sendiri ialah menurut dari basis Linux OS, sehingga sudah terang Fitur FTP tersebut bisa dipakai pada semua Perangkat Smartphone Android.

Selanjutnya, alasannya ialah OS Android itu bersifat Open Source, maka kini ini kalian bisa dengan gampang untuk menjalankan FTP tersebut, meski kalian tidak mengerti terkait duduk masalah jaringan sedikitpun.

Semua ini terjadi, alasannya ialah kini ini ada bermacam-macam jenis Aplikasi Android FTP yang bisa kalian dapatkan secara gratis melalui Google Play Store dan beberapa Vendor / OEM Smartphone Android, bersama-sama juga sudah menyediakan fitur FTP tersebut secara default, sebut saja menyerupai Vivo.

Namun, bila Fitur FTP tersebebut tidak tersedia di Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang, maka bukan berarti kalian tidak akan bisa memakai FTP tersebut, tetapi kalian masih bisa memakai Fitur FTP tersebut dengan mendownload aplikasi FTP khusus dari Google Play Store.


Apa bedanya FTP di Android dan di Komputer Desktop?


Secara umum tidak ada bedanya sama sekali, alasannya ialah sama-sama memakai FTP Server dan FTP Client, maka disini bisa kita simpulkan, bahwa kalian bisa dengan gampang terkoneksi ke Smartphone Android yang kalian gunakan kini melalui Perangkat Komputer Desktop (Windows) dengan kemampuan FTP secara penuh.

Seperti menambahkan file ke Storage Smartphone Android terkait, menyalin data / file dari Smartphone Android ke Komputer Desktop dan kalianpun bisa dengan gampang memodifikasi isi Direktori Storage Smartphone Android kalian secara Remotely dengan memakai FTP dari Perangkat Komputer Desktop tersebut.

Hebat bukan? ya, dengan adanya metode ini, maka perkerjaan kalian akan lebih cepat untuk diselesaikan, alasannya ialah kalian tidak perlu lagi mengoneksikan Perangkat terkait dengan Bluetooth atau Kabel Data misalnya, kalau hanya untuk menyalin File terkait.

Cukup hanya dengan memakai FTP, maka kalian bisa dengan gampang mengontrol semua Direktori File Storage dari Perangkat Smartphone Android yang terkoneksi kejaringan yang sama, melalui Perangkat Komputer Desktop (PC / Laptop) yang kalian miliki kini ini.


Syarat memakai FTP di Android


Sebelum kalian memakai layanan Fitur FTP di Smartphone Android yang kalian gunakan kini ini, ada syarat yang harus kalian ketahui, biar Fitur FTP tersebut bisa berkerja dan bersama-sama hal ini sudah kami singgung diatas, yaitu ialah :

  1. Smartphone Android dan Komputer Desktop yang kalian gunakan sekarang, harus terhubung ke satu titik susukan point yang sama, menyerupai terhubung ke jaringan Router / Mikrotik / Modem Internet yang sama atau terhubung ke Tethering Hotspot yang sama.

Selanjutnya, syarat sesudah kalian sudah berada di titik susukan point yang sama ialah tentu kalian harus memakai sebuah aplikasi FTP khusus baik itu pada Smartphone Android ataupun di Komputer Desktop .

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa memakai alat (Software) untuk menjalankan FTP di Smartphone Android yang nantinya akan dihubungkan / dikelola oleh Komputer Desktop (Windows) dengan memakai alat dibawah ini.


WiFi FTP Server (Android)


Hal pertama yang harus kalian lakukan, ialah dengan mendownload Aplikasi FTP untuk Smartphone Android yang kalian gunakan kini ini.

Aplikasi yang akan kita gunakan ialah WiFi FTP Server yang bisa kalian dapatkan secara gratis melalui Google Play Store.

 Cara settinga FTP Android dengan FileZilla Cara FTP Android (Download / Upload) dengan FileZilla

Atau bila kalian malas untuk mencarinya, silahkah eksklusif tuju saja alamat link dibawah ini :


Perlu kalian ketahui, di Google Play Store itu ada banyak sekali Aplikasi FTP yang bisa kalian temukan, tetapi beberapa diantara Aplikasi FTP tersebut, hanya berbentuk "sampah" dan tidak bisa dipakai sama sekali.

Namun, berbeda dengan aplikasi WiFi FTP Server yang kami bagikan diatas, alasannya ialah Aplikasi Android (APK) tersebut sudah terbukti bisa diandalkan untuk menjalankan Fitur FTP dan kami sendiripun selalu memakai Aplikasi ini untuk menjalankan FTP di Smartphone Android.

Kehebatan dari Aplikasi WiFi FTP Server tersebut, ialah alasannya ialah pada aplikasi ini, kita bisa mendapat FTP Server dan FTP Client dengan hanya sekali sentuhan saja.

*** Aplikasi FTP Server ini hanya bisa dipakai untuk membuka Direktori di Internal Storage saja dan tidak bisa dipakai untuk membukan Direktori External Memory (SD Card). ***

Selanjutnya, kalian pun tidak perlu melaksanakan Konfigurasi apapun, tinggal jalankan dan masukan Host dan Client yang sudah diberikan.

Selanjutnya, kalian sudah bisa menjalankan fungsi FTP penuh di Smartphone Android tersebut, hanya saja setelah ini kalian pun juga perlu menginstall aplikasi FTP khusus pada OS Windows yang kalian gunakan, biar bisa terkoneksi ke Smartphone Android dengan jalur FTP tersebut.

Silahkan lengkapi alat untuk Komputer Desktop dibawah ini.


FileZilla (Windows)


Jika sebelumnya, kalian harus memakai aplikasi WiFi FTP Server untuk Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang, maka disini kita akan menggunakan aplikasi yang berbeda untuk Perangkat Komputer Desktop tersebut.

Karena disini kita akan memakai Aplikasi FileZilla yang memang merupakan sebuah aplikasi specialist untuk tujuan FTP tersebut.

 Cara settinga FTP Android dengan FileZilla Cara FTP Android (Download / Upload) dengan FileZilla

Aplikasi FileZilla ini memang sudah sangat terkenal dan selalu menjadi andalan bagi banyak orang untuk melaksanakan tindakan FTP secara Instant dan mudah.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, alasannya ialah FileZilla ini memang mempunyai fitur yang sangat lengkap dan tentu saja untuk navigasinya pun sangat mudah, tinggal Drag & Drop, maka File yang kalian inginkan bisa kalian dapatkan dengan mudah.

Silahkan Download dulu aplikasi FileZille terbaru untuk OS Windows dibawah ini :


Setelahnya, eksklusif saja Install aplikasi FileZilla tersebut dan ikuti cara dibawah ini, biar kalian bisa melaksanakan FTP dari Komputer Desktop ke Smartphone Android yang kalian gunakan kini ini.

Perhatikan ini dulu sebelum kalian menginstall aplikasi FileZilla tersebut, yaitu aplikasi ini hanya bisa berjalan pada OS Windows 64-bit dan sudah Support untuk Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10, sehingga versi Windows 32-bit tidak didukung disini.


Cara FTP Android dengan FileZilla


  1. Silahkan buka aplikasi WiFi FTP Server di Smartphone Android.
  2. Setelahnya, tekan Start.
 Cara settinga FTP Android dengan FileZilla Cara FTP Android (Download / Upload) dengan FileZilla
  1. Disini kalian bisa mendapat informasi terkait FTP Server dan FTP Client, inilah yang akan kita gunakan di FileZilla nanti.
 Cara settinga FTP Android dengan FileZilla Cara FTP Android (Download / Upload) dengan FileZilla
  1. Selanjutnya, beralih ke Komputer Desktop, silahkan buka aplikasi FileZilla.
  2. Silahkan isi FTP Server (Server URL) yang sudah kalian dapatkan dari aplikasi WiFi FTP Server di Smartphone Android sebelumnya pada bab ini :
 Cara settinga FTP Android dengan FileZilla Cara FTP Android (Download / Upload) dengan FileZilla
  1. Setelahnya, silahkan isi juga Username dan Password yang sudah kalian dapatkan dari aplikasi WiFi FTP Server pada kolom ini :
 Cara settinga FTP Android dengan FileZilla Cara FTP Android (Download / Upload) dengan FileZilla
  1. Kosongkan saja Port-nya.
  2. Silahkan tekan Quickconnect untuk melaksanakan sambungan FTP ke Smartphone Android.
  3. Jika sudah terkoneksi, maka akan muncul Log menyerupai ini :
 Cara settinga FTP Android dengan FileZilla Cara FTP Android (Download / Upload) dengan FileZilla

  1. Setelahnya kalian bisa melihat semua Folder dan File Direktori dari Smartphone Android terkait.
  2. Done!



Cara menyalin data (Download) dari Smartphone Android ke Komputer Desktop


Nah, bila kalian ingin menyalin data dari Smartphone Android kalian ke Komputer Desktop dengan FileZilla, maka kalian bisa dengan gampang melakukannya dengan cara Drag & Drop saja, berikut ialah caranya :

  1. Silahkan cari File yang ingin kalian Copy dari Direktori Smartphone Android.
  2. Jika, sudah silahkan Tekan dan pindahkan ke Folder mana kalian ingin meletakannya (Direktori Komputer Desktop).
 Cara settinga FTP Android dengan FileZilla Cara FTP Android (Download / Upload) dengan FileZilla
  1. Tunggu, sampai Proses Transfer berlangsung.
 Cara settinga FTP Android dengan FileZilla Cara FTP Android (Download / Upload) dengan FileZilla
  1. Jika sudah selesai, silahkan cek ke Folder terkait.
  2. Sekarang harusnya File yang di Transfer sebelumnya sudah muncul.
 Cara settinga FTP Android dengan FileZilla Cara FTP Android (Download / Upload) dengan FileZilla
  1. Done!



Cara memindahkan data (Upload) dari Komputer Desktop ke Smartphone Android


Sebenarnya, caranya sama saja menyerupai dikala kalian ingin menyalin data dari Smartphone Android ke Komputer Desktop yang kalian gunakan kini ini, yaitu cukup dengan cara Drag & Drop juga.

Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti cara dibawah ini :

  1. Silahkan cari File yang ingin kalian Copy dari Direktori Folder / File pada Komputer Desktop.
  2. Jika, sudah silahkan Tekan dan pindahkan ke Folder mana kalian ingin meletakannya (Direktori Smartphone Android).
 Cara settinga FTP Android dengan FileZilla Cara FTP Android (Download / Upload) dengan FileZilla
  1. Tunggu, sampai Proses Transfer berlangsung.
  2. Jika sudah selesai, silahkan cek ke Folder terkait.
 Cara settinga FTP Android dengan FileZilla Cara FTP Android (Download / Upload) dengan FileZilla
  1. Sekarang harusnya File yang di Transfer sebelumnya sudah muncul.
 Cara settinga FTP Android dengan FileZilla Cara FTP Android (Download / Upload) dengan FileZilla
  1. Done!



Hal yang lain yang bisa dilakukan oleh FileZilla


Dari kedua cara diatas, sudah terang tergambarkan bahwa kalian disini bisa melaksanakan perpindahan File dari Smartphone Android ke Komputer Desktop, ataupun sebaliknya.

Namun, pada dasarnya, kalianpun juga masih bisa melaksanakan hal lain, menyerupai memodifikasi isi Direktori File Host Server dengan Aplikasi FileZille tersebut, menyerupai menghapus File tertentu, menggubah Permission File tersebut secara Remotely (Hidden / Read Only), membuat Folder atau melaksanakan Rename terhadap suatu File atau Folder.

 Cara settinga FTP Android dengan FileZilla Cara FTP Android (Download / Upload) dengan FileZilla

Intinya, dengan memakai aplikasi FileZilla tersebut, maka kalian bisa dengan gampang melakukan kontrol terhadap File Direktori pada Perangkat terkait secara Remotely dengan gampang dan cepat tentunya.


Koneksi FTP sering terputus? ini Solusinya


Kami yakin banyak diantara kalian mungkin akan menanyakan terkait permasalahan satu ini, alasannya ialah sebelum ini kami juga sering mengalami hal serupa, yaitu terputusnya Koneksi FTP dari Smartphone Android ke Komputer Windows.

Yang bila kita lihat permasalahannya itu sudah niscaya terletak pada aplikasi WiFi FTP Server yang telah kalin Install sebelumnya di Smartphone Android yang kalian miliki.

Benar saja, Aplikasi WiFi FTP Server tersebut tiba-tiba tertutup dengan sendirinya, dikala Smartphone Android masuk kedalam Mode Standby / Idle, hal ini bersama-sama masuk akal saja terjadi, alasannya ialah System OS Android menganggap aplikasi tersebut layak untuk di Shutdown, alasannya ialah memang memakai Konsumsi Daya Baterai yang lumayan.

Untuk mengatasi hal tersebut bersama-sama gampang saja, kalian hanya perlu melaksanakan 2 cara dibawah ini, yaitu ialah sebagai berikut :

  1. Kunci Aplikasi WiFi FTP Server biar tidak di "Kill" oleh System OS Android dan tetap bisa berjalan di App Background.
  2. Hilangkan opsi Restricted Optimization (Battery) pada Aplikasi WiFi FTP Server, biar System mengabaikan aplikasi ini, meski memakai Konsumsi Daya Baterai yang besar, aplikasi ini tetap bisa berjalan di App Background, tanpa di Shutdown secara paksa oleh System.

Dengan menggunaka 2 cara diatas, maka setelahnya Koneksi FTP tidak akan terputus lagi, meski Smartphone Android kalian berada dalam Kondisi Sleep, Standby ataupun Idle, mudah bukan?


Adakah cara yang lebih gampang dari ini?


Mungkin beberapa dari kalian akan kesulitan untuk bisa mengikuti cara yang sudah kami jelaskan diatas, tetapi bersama-sama ada cara yang lebih gampang untuk melaksanakan FTP tersebut pada Smartphone Android dan kalian tidak perlu memakai Aplikasi sejenis FileZilla tersebut.

Karena, disini aplikasi yang diharapkan pada Komputer Desktop ialah aplikasi Browser saja, menyerupai Google Chrome, FireFox, Edge atau lainnya.

Untuk aplikasi FTP yang dipakai pada Smartphone Android masih tetap sama saja, yaitu memakai WiFi FTP Server, menyerupai yang dipakai pada artikel Tutorial kali ini.

Bagaimana? bila kalian tertarik memakai Fitur FTP Android tersebut dengan hanya bermodalkan aplikasi Browser saja, silahkan ikuti Tutorialnya dibawah ini :


Hanya saja, cara diatas mempunyai kekurangan, alasannya ialah hanya memakai aplikasi Browser saja, maka disini kalian hanya bisa melaksanakan Download File saja dan tidak bisa melaksanakan Upload File ke Server Host utama.

Namun, cara tersebut akan sangat bermanfaat untuk kalian, bila yang kalian perlukan hanyalah untuk menyalin data dari Smartphone Android ke Komputer Desktop.

Tetapi, bila kalian ingin melaksanakan hal yang lebih Advanced, maka mau tidak mau kalian harus memakai metode FTP dengan Aplikasi FileZilla, menyerupai yang sudah kami jelaskan diatas.

Dengan demikian, berakhirlah sudah pembahasan kita kali ini, secara umum melaksanakan FTP di Android tersebut memang sama mudahnya menyerupai melaksanakan FTP di Perangkat Komputer Desktop.

Karena, cara kerja dari FTP di Android dan Komputer Desktop itu memang tidak berbeda, yaitu memakai FTP Server dan FTP Client, menyerupai yang sudah kami jelaskan diatas.

Apalagi dikala kalian melaksanakan FTP tersebut dengan Aplikasi sejenis FileZilla tersebut, maka sudah terang disini kalian akan mendapat semua benefit lebih untuk bisa melaksanakan Koneksi secara Remotely ke Perangkat Smartphone Android terkait, untuk diambil atau dimodifikasi File / Foldernya.

Sehingga, cara yang telah kami jelaskan diatas, tentu saja akan sangat bermanfaat untuk kalian, apalagi bila kalian tergabung dalam suatu kelompok kerja dan diharuskan bertukar data setiap hari, alasannya ialah terkait kolaborasi team. Maka, solusi FTP ini ialah hal yang niscaya akan sangat bisa kalian andalkan setelahnya.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, apa yang kalian inginkan bisa terpenuhi dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW DRD

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel