Jangan Hingga Memory Internal Smartphone Kalian Penuh, Ancaman Lho!


Saat ini bermacam-macam kegiatan sudah mulai berpindah ke hal yang berbau digital, tidak terkecuali juga dengan perpindahan komunikasi konvensional dan hiburan tradisional yang sudah berpindah ke arah yang lebih efisien yaitu sanggup memakai smartphone saja kalian sudah sanggup melaksanakan semua itu dengan sangat-sangat mudah.

Jika kalian penyuka hiburan menyerupai menonton film atau bermain game, niscaya kalian akan menyimpan atau mengisntallkan data tersebut ke internal memory kalian bukan? kalau iy, maka kalian harus rutin mulai dari kini melaksanakan cek terhadap storage internal kalian, mengapa demikian? alasannya ialah faktanya memory internal yang penuh sanggup merusak smartphon kalian, dan benar saja device kalian sanggup saja mati total atau gagal booting.

Kasus ini sudah sering terjadi, di mana para pengguna smartphone tersebut, tidak memperdulikan keadaan penuhnya memory internal smartphone, umumnya kerusakan yang bakalan terjadi ialah rusakanya hardware eMMC, yang dengan kata lain kalau komponen ini rusak maka device kalian akan gagal booting, alasannya ialah data OS, Kernel, userdata dan lainnya tersimpan pada komponen tersebut,

Umumnya eMMC yang hampir rusak itu mempunyai ciri sebagai berikut :
1. Performa load dan write pada memory internal melambat, menyerupai membuka aplikasi, menyimpan file bahkan menduplikat file, menjadi lebih lambat dari sebelumnya.
2. Sering terjadi random reboot, ya ini ialah ciri paling umum, alasannya ialah memory internal penuh sehingga bermasalah maka benar saja device kalian akan sering restart gak karuan dengan sendirinya.
3. Bootloop, ini beliau kalau sudah parah, device kalian tiba-tiba restart dengan sendirinya tanpa melaksanakan apapun dan hang gak sanggup booting, kalau sudah menyerupai ini biasanya memory internal smartphone kalian sudah rusak.

Lalu apakah ada cara pencegahannya? tentu saja ada, kalian sanggup mengikuti beberapa tips di bawah ini, untuk menjaga umur memory internal smartphone kalian biar lebih awet.

1. Selalu bersihkan Cache
Jika kalian merasa tidak menyimpan banyak data di memory internal kalian, namun tiba-tiba memory kalian penuh dengan sendirinya, maka biang keladinya ialah ini Cache namanya!, kalian perlu membersihkan Cache ini dalam suatu waktu dengan aplikasi Cleaner bawaan smartphone kalian, atau mendownload dari Playstore, kalau Cache ini tidak kalian bersihkan dalam waktu yang lama, maka Cache ini akan terus menumpuk sampai bersize lebih dari 1GB.

2. Pantau aplikasi yang sudah kalian install
Sama menyerupai Cache, aplikasi android yang kalian install dari Playstore pun kalau telah usang terinstall, maka sizenya akan bertambah berkali-kali lipat, tidak percaya lihat saja sendiri di bab app installed device kalian, dan bandingkan saja dengan size yang ada di Playstore, sanggup jadi di Playstore sizenya cuma 100MB, tetapi di smartphone kalian yang sudah terinstall sizenya mencapai lebih dari 1GB, hal ini terjadi alasannya ialah kalian sering melaksanakan update versi Aplikasi kalian, sehingga data yang telah tersimpan semakin menumpuk, solusinya adalah, uninstall aplikasi, kemudian install kembali, atau bersihkan datanya saja dari aplikasi settings smartphone kalian.

3. Sisakan size minimal 1GB pada memory internal kalian.
Cara ini ialah cara yang paling ampuh untuk sanggup kalian terapkan untuk menjaga umur memory internal kalian, alasannya ialah dengan adanya ruang yang cukup yang tersisa, maka performa dari memory internal kalian tetap akan terjaga, kalau habis dan tersisa hanya 1MB saja, di pastikan device kalian akan terus-terusan restart dengan sendirinya.

Demikianlah beberapa tips yang sanggup kalian terapkan untuk menjaga biar memory internal kalian tidak cepat rusak, perlu kalian ketahui mau berapapun size memory internal kalian, mengikuti tips di atas itu wajib hukumnya, alasannya ialah mau bagaimana pu memory internal itu, memang sesuatu yang simpel sekali rusak, kalau penggunannya tidak smart dan tahu hanya menggunakannya saja, tanpa tahu cara merawatnya, kalau rusak eMMC itu mahal lho.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel